Kapal Motor Bupati Teluk Wondama Meledak, 1 Meninggal dan 2 Kritis

Kapal Motor Bupati Teluk Wondama Meledak. | Ist
Kapal Motor Bupati Teluk Wondama Meledak. | Ist

FORUM KEADILANKapal motor cepat (speed-boat) Endewini yang sehari-hari digunakan untuk kegiatan operasional Bupati Teluk Wondama, Papua Barat meledak dan terbakar di dermaga Pelabuhan Kuri Pasai, Wasior, Selasa, 16/5/2023.

Fransiskus, seorang saksi mata yang berada di lokasi mengatakan kebakaran perahu motor cepat Endeweni itu dipicu oleh hubungan arus pendek (korsleting) pada accu mesin, kemudian api dengan cepat menjalar ke bagian tanki penampungan bahan bakar.

Bacaan Lainnya

Akibat kejadian itu, tiga orang dilaporkan menjadi korban, satu di antaranya sempat kritis dan akhirnya meninggal dunia setelah dievakuasi ke RSUD Dr Albert Torey Wasior.

“Speed baru berlabuh untuk persiapan bapak Bupati Hendrik Mambor mau berangkat ke pulau,” ujar Fransiskus dilansir Antara.

“Namun tiba-tiba ada ledakan sampai kaca berhamburan. Saya lihat ABK (anak buah kapal) yang berada di atas kapal terlempar ke laut. Sampai sekarang kami belum tahu identitas korban yang meninggal,”sambungnya.

Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian berupaya menarik kapal motor yang terbakar itu agar menjauh dari dermaga. Namun setelah itu, api kembali berkobar dan melalap habis seluruh bagian kapal tersebut.

Perahu motor menjadi alat transportasi utama di Kabupaten Teluk Wondama yang berada di pesisir utara Pulau Papua, berbatasan dengan Kabupaten Nabire Papua Tengah di sisi timur dan Kabupaten Biak Numfor di sisi utara.

Pasalnya sebagian besar distrik (kecamatan) dan kampung yang menjadi lokasi pemukiman masyarakat di Teluk Wondama berada di pulau-pulau yang terpisah dengan daratan utama Pulau Papua.*