Ide Karnaval 17 Agustus 2023, Unik dan Bikin Meriah!

Kostum hari pahlawan
Kostum hari pahlawan | Ist

FORUM KEADILAN – Merayakan kemerdekaan Indonesia menjadi momentum berharga bagi semua generasi, termasuk para anak-anak. Pawai atau karnaval seringkali menjadi aktivitas yang dilakukan pada saat perayaan 17 Agustus.

Ada banyak kostum yang bisa dipilih untuk mencerminkan semangat dan keberagaman budaya Indonesia. Berikut adalah kumpulan ide tema karnaval yang unik dan menarik :

Bacaan Lainnya
  1. Pahlawan Nasional

 

Gunakan kostum para veteran pejuang yang didominasi warna hijau army dengan syal merah putih serta properti bambu runcing.

Selain itu bisa juga kostum yang menggambarkan sosok pahlawan nasional seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Cut Nyak Dien, atau Kartini.

  1. Pakaian Adat
Kostum menggunakan baju daerah
Kostum menggunakan baju daerah | Kemensetneg

Kostum Tradisional adalah pilihan yang sempurna untuk ide karnaval 17 Agustus untuk anak-anak, karena tak hanya memungkinkan anak untuk mengenal keindahan budaya Indonesia, tetapi juga mengajarkan anak tentang keragaman yang ada di negara ini.

  1. Kostum Wayang
Kostum wayang
Kostum wayang | Wikipedia

Kostum wayang dimana kita bisa menggunakan kostum dalang wayang kulit yang khas lengkap dengan blangkon serta membawa aksesoris wayang kulit ataupun bentuk gunungan dalam cerita wayang kulit dan kostum karakter wayang golek seperti cepot dan sebagainya.

  1. Cita-cita masa depan
Kostum Karnaval
Kostum Karnaval | Ist

Dalam konsep ini, anak-anak berdandan menggambarkan cita-citanya di masa depan, baik itu menjadi ilmuwan, dokter, guru, hingga penjelajah ruang angkasa.

Namun untuk menggambarkan kemerdekaan Indonesia ke-78, masing-masing anak dapat membawa bendera yang melambangkan harapan, keberanian, kreativitas, dan semangat untuk memajukan Indonesia dalam berbagai bidang.

  1. Parade kendaraan hias
Parade kendaraan hias
Parade kendaraan hias | Ist

Dalam acara ini, anak-anak dapat berpartisipasi dengan menghias sepeda, mobil mini, atau motor kecil mereka dengan dekorasi yang kreatif dan motif merah putih, yang merupakan simbol dari bendera Indonesia.

Parade ini tak hanya sekadar perayaan, tetapi juga kesempatan bagi anak-anak untuk berkreasi, menunjukkan keterampilan seni mereka, dan merasakan kebanggaan menjadi bagian dari perayaan nasional yang memperingati kemerdekaan Indonesia.*

 

LaporanĀ Lulu Farha Chaerani