Wajib Dikunjungi, Inilah 5 Perpustakaan yang Hits di Jakarta

Perpustakaan Erasmus Huis
Perpustakaan Erasmus Huis | Ist

FORUM KEADILAN – Siapa yang masih beranggapan bahwa perpusatakaan itu membosankankan?

Sekarang banyak sekali perpustakaan yang dapat membuat pengunjungnya jadi merasa betah, ceria, dan tidak cepat bosan.

Bacaan Lainnya

Hadirnya sejumlah perpustakaan di Jakarta semakin menumbuhkan budaya literasi.

Tidak hanya mengoleksi hingga jutaan bahan bacaan, perpustakaan di Jakarta juga memiliki desain yang aesthetic. Selain mendapatkan banyak ilmu lewat ribuan koleksi buku yang ada, tapi juga bisa bersantai dan bahkan menggelar acara-acara spesial.

Berikut ini kami rekomendasikan 5 perpustakaan di Jakarta yang super lengkap. Anda tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

  1. Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan di Jakarta yang satu ini bernama Perpustakaan Ersasmus Huis Jakarta. Terletak di kawasan strategis, yakni Kuningan, Jakarta Selatan, perpustakaan di Jakarta ini merupakan bagian dari Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis yang menyatu dengan kompleks Kedutaan Besar Kerajaan Belanda. Perpustakaan Erasmus Huis sendiri telah berdiri sejak tahun 1970-an.

Desain interior yang baru dengan pulasan warna putih dan cokelat serta berbagai furnitur yang eklektik menjadikan perpustakaan ini sangat estetik. Dengan konsep open space, salah satu ruangan bisa dimanfaatkan untuk acara diskusi ataupun seminar. Tersedia juga fasilitas lain, seperti toilet, stop kontak, musala, kafe, hingga Wi-Fi gratis tentunya.

Koleksi Perpustakaan Erasmus Huis terdapat  15 ribu judul buku, mulai dari kategori sastra, linguistik, sejarah, politik, sosial, seni, budaya, anak-anak, hingga kamus. Koleksi buku Perpustakaan Erasmus Huis mayoritas berbahasa Belanda. Sementara buku berbahasa Inggris dan Indonesia hanya berjumlah sekitar 25 persen dari total koleksi.

Alamat:

Jl. H.R. Rasuna Said Blok C, Kec. Kuningan Timur, Kota Jakarta SelatanDKI Jakarta.

Jam Operasional:

  • Selasa-Kamis Pukul 09.00-16.00 WIB
  • Jumat Pukul 09.00-14.00 WIB
  • Sabtu Pukul 10.00-13.00 WIB

Telepon:

(021) 5248200

  1. Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marzuki
Perpustakaan TIM
Perpustakaan TIM | Traveloka

Setelah resmi dibuka pada 7 Juli 2022 lalu, Perpustakaan Jakarta hadir dengan wajah baru yang mengusung konsep nyaman, estetik, dan ramah bagi semua kalangan. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, mulai dari ruang dan spot baca yang Instagramable, bilik privasi, bilik diskusi, ruang inklusi untuk para difabel.

Perpustakaan di Jakarta ini memiliki lebih dari 38.000 judul buku dengan sekitar 190.000 eksemplar yang bisa dibaca.

Sebelum berkunjung ke Perpustakaan Taman Ismail Marzuki disarankan untuk melakukan reservasi di perpustakaan.jakarta.go.id. Di laman tersebut, Anda juga bisa melakukan pendaftaran sebagai anggota.

Alamat:

Kompleks Taman Ismail Marzuki

Jl. Cikini Raya No. 73, Kec. Menteng, Kota Jakarta PusatDKI Jakarta.

Jam Operasional:

  • Senin-Kamis Pukul 09:00-17:00 WIB
  • Jumat-Minggu Pukul 09.00-20.00 WIB
  • Tutup pada hari libur nasional dan cuti bersama

Telepon:

(021) 3154087/ 08111007373

  1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional | Ist

Presiden Joko Widodo pada September 2017 silam, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) didaulat sebagai perpustakaan tertinggi di dunia karena menempati gedung yang memiliki 27 lantai. Sebelumnya, Perpusnas hanya menempati bangunan tiga lantai.

Perpustakaan di Jakarta yang satu ini memiliki sangat banyak koleksi, baik berbentuk buku fisik maupun buku digital. Perpustakaan ini juga mengoleksi buku-buku langka, manuskrip nusantara, foto, peta, hingga lukisan. Ada pula koleksi yang berbentuk monograf, rekaman suara, film, hingga bentuk mikro.

Tak hanya itu, di Perpusnas juga bisa mendapati jurnal nasional dan internasional terkemuka, mulai dari Brill Online, Cambridge University Press, IG Publishing, Proquest, hingga Sage Knowledge.

Alamat :

Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, Gambir, Kec. Gambir, Kota Jakarta PusatDKI Jakarta.

Jam Operasional :

  • Senin-Jumat Pukul 08.00-21.00 WIB
  • Sabtu-Minggu Pukul 09.00-16.00 WIB
  • Tutup pada hari libur nasional dan cuti bersama
  1. Perpustakaan Goethe Insitute
Perpustakaan Goethe Institute
Perpustakaan Goethe Institute

Perpustakaan Goethe Insitute terdapat materi seluk beluk negara Jerman melalui berbagai macam aktivitas seru dan interaktif.

Karena perpustakaan di Jakarta yang satu ini merupakan bagian dari pusat kebudayaan Jerman di Indonesia ini terbuka untuk masyarakat umum dan bisa dikunjungi secara gratis. Tak hanya itu Goethe Insitute menyediakan dari 5.000 koleksi buku dan majalah cetak berbahasa Jerman, Inggris, dan Indonesia tersedia di sini.

Koleksi buku di mulai dari bergenre fiksi, nonfiksi, karya klasik, hingga buku-buku anak dengan tema yang variatif. Selain menyediakan berbagai jenis koleksi buku, Perpustakaan Goethe Institute juga memiliki berbagai macam media pembelajaran, seperti film, musik, majalah, board game, dan video games.

Alamat:

Jl. Dr. GSSJ Ratulangi No.9, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta PusatDKI Jakarta.

Jam Operasional:

  • Senin-Jumat Pukul 11.00-21.00 WIB
  • Sabtu Pukul 11.00-19.00 WIB
  • Minggu Pukul 11.00-15.00 WIB

Telepon:

081218829013

  1. Perpustakaan Baca Di Tebet
Perpustakaan Baca di Tebet
Perpustakaan Baca di Tebet

Perpustakaan di Jakarta yang satu ini memang terkesan sebagai tempat untuk bersantai sambil membaca buku. Baca Di Tebet didirikan oleh Kanti W. Janis dan Wien Muldian. Di sini tersedia sekitar 20.000 koleksi buku bacaan yang sebagian besarnya merupakan milik pribadi Wien, milik Kanti, serta sumbangan dari pihak lain.

Baca Di tebet juga menghadirkan beberapa ruang, mulai dari Ruang Diskusi, Ruang Karya, dan Ruang Temu Roy B.B. Janis yang tidak hanya diperuntukkan sebagai tempat baca, namun juga bisa untuk tempat berdiskusi, podcast, bermain musik, dan bernyanyi.

Bagi yang membutuhkan ketenangan, Baca Di Tebet menyediakan Ruang Baca dan Ruang Pikir. Tak ketinggalan, ada juga kafe yang dinamai dengan Makan di Tebet serta ruang tidur yang bernama Tidur di Tebet. Beberapa ruang yang tersedia bisa disewa untuk berbagai keperluan.

Alamat:

Jl. Tebet Barat Dalam Raya No.29, Tebet Barat, Kec. Tebet, Kota Jakarta SelatanDKI Jakarta.

Jam Operasional:

  • Selasa-Kamis dan Minggu Pukul 10.00-18.00 WIB
  • Jumat-Sabtu Pukul 12.30-20.30 WIB
  • Senin dan Libur Nasional Tutup

Telepon:

0811889829

 

Laporan Lulu Farha Chaerani