Aloe Vera, Tumbuhan Segudang Manfaat

Ilustrasi aloe vera
Ilustrasi aloe vera | ist

FORUM KEADILAN – Aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan dengan bentuk yang unik. Tumbuhan ini sangat populer karena sering ditemui dalam berbagai produk, seperti minuman, makanan, pengobatan, bahkan kecantikan.

Aloe vera adalah salah satu tumbuhan yang memiliki segudang manfaat. Oleh karena itu, tidak heran jika tumbuhan ini banyak dibudidayakan oleh banyak petani.

Bacaan Lainnya

Tumbuhan ini memiliki kandungan nutrisi antara lain, vitamin (A, B1, B2, B3, B12, C, E,), enzim (selulase, katalase, alkaline phosphatase, bradykinase, amylase, carboxy peptidase, aliase, peroksidase dan lipase), mineral, antioksidan dan asam amino.

Berikut beberapa manfaat aloe vera untuk kesehatan dan kecantikan.

1 Membantu Melembapkan Kulit

Gel yang terkandung dalam aloe vera ini efektif untuk memberikan kelembapan pada kulit. Hal ini karena adanya kandungan mineral, enzim, antioksidan, dan vitamin A, C, serta E dalam lidah buaya tersebut.

Itu sebabnya, aloe vera banyak dimanfaatkan dalam produk kecantikan.

2. Dapat Menyembuhkan Luka

Gel dalam aloe vera bisa digunakan sebagai salep alami karena sifat antimikroba pada aloe vera efektif dalam membersihkan dan mengurangi risiko infeksi luka.

Oleh karena itu, banyak yang memanfaatkan aloe vera untuk menyembuhkan luka, seperti goresan atau luka bakar.

3. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya bekerja untuk menurunkan pigmentasi kulit, sehingga bekerja mencerahkan kulit.

Selain itu, tanaman ini juga dapat bekerja sebagai pengelupas alami yang berfungsi mengangkat sel kulit mati.

4. Memperlambat Penuaan

Aloe vera membantu memperlambat proses penuaan. Kandungan yang ada dalam aloe vera dapat melembapkan kulit sekaligus membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga dapat mencegah munculnya garis-garis halus atau kerutan.

5. Mengurangi Ketombe

Kandungan yang ada pada aloe vera dapat membantu merawat kulit kepala, seperti mengurangi ketombe dan melembutkan rambut.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak produk sampo yang mengandung aloe vera.

6. Mengurangi Mata Panda

Aloe vera bisa dimanfaatkan untuk mengurangi mata panda karena kandungan yang ada dalam aloe vera dapat bekerja mengurangi pigmentasi yang berlebihan.*

LaporanĀ Sandra Ridhola Veronica