Tips Jaga Kulit Wajah Tetap Bersih dan Sehat Ketika Mendaki Gunung

Ilustrasi Mendaki Gunung
Ilustrasi Mendaki Gunung | Twitter @eigeradventure

FORUM KEADILAN – Ingin mendaki gunung tapi takut kulit wajah mengelupas, gosong, dan kering? Eits, jangan khawatir, ada tips untuk mencegahan hal tersebut.

Untuk mencegahnya, Anda perlu merawat dengan baik kulit wajah saat berkegiatan di alam bebas, terutama pada cuaca pegunungan yang ekstrem.

Bacaan Lainnya

Mengutip akun Twitter Eiger, Senin, 1/5/2023, berikut tips yang bisa Anda coba untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat ketika mendaki gunung.

1. Gunakan Pelembap

Gunakan pelembap wajah sebelum mendaki, terlebih ketika cuaca lagi kering. Hal ini untuk menjaga agar kulit tidak mengelupas.

Anda juga bisa memilih pelembap yang punya kandungan Sun Protection Factor (SPF).

2. Tetap Gunakan Sunblock

Walaupun udara di gunung dingin, menggunakan sunblock tetap penting untuk menghindari risiko kulit terbakar dan kanker kulit.

Gunakan sunblock setengah jam sebelum Anda melakukan pendakian.

3. Lip Balm agar Bibir Tidak Kering dan Pecah-pecah

Buat Anda, terutama perempuan, yang sedang mendaki, disarankan untuk memakai lip balm setiap beberapa jam sekali. Hal tersebut agar bibir tidak kering dan pecah-pecah.

4. Jangan Malas Cuci Muka

Wajah sudah dipastikan kotor terkena debu dan tanah saat mendaki. Oleh karenanya, jangan malas untuk membersihkan muka dengan handuk yang sudah dibasahi air.

Bila tidak ada air atau ingin menghemat air, bisa pakai tisu khusus wajah.

5. Jangan Pakai Makeup Berlebihan

Jangan memakai makeup berlebihan ketika mendaki. Sebab, kulit wajah yang berkeringat dan berkuman akan bercampur dengan makeup di wajah Anda, sehingga dapat menimbulkan jerawat.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan lembap selama pendakian. So, pastikan Anda minum air putih yang cukup, ya.

Itu dia tips menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat ketika mendaki gunung. Semoga bermanfaat.*