New Parents Wajib Tahu! Ini 4 Penyebab Kepala Peang pada Bayi

Ilustrasi bayi
Ilustrasi bayi | ist

FORUM KEADILAN – Umumnya kepala bayi yang baru lahir tidak ada yang benar-benar simetris. Hal ini terjadi karena tulang tengkorak bayi yang baru lahir masih sangat lunak, tipis, dan fleksibel, sehingga dapat berubah bentuk jika ada tekanan dalam jangka waktu lama.

Kepala peang tidak akan memengaruhi fungsi otak dan tumbuh kembang pada bayi. Namun, apabila kondisi ini dibiarkan, bentuk kepala bayi menjadi tidak rata secara permanen.

Bacaan Lainnya

Ini lah empat penyebab kepala bayi menjadi peang.

  1. Posisi Tidur Terlentang

Posisi tidur terlentang yang terlalu lama dapat membuat kepala bayi menjadi peang. Bunda harus menyiasatinya dengan mengubah posisi kepala secara berkala.

  1. Lahir Prematur

Bayi yang lahir prematur akan memiliki tulang tengkorak yang lebih lunak, sehingga dapat memengaruhi bentuk kepala bayi.

  1. Cacat Lahir

Beberapa bayi mengalami cacat lahir yang disebut craniosynostosis. Ini adalah kondisi di mana tulang tengkorak bayi bergabung terlalu dini.

  1. Tortikolis Kongenital

Bayi dengan Tortikolis biasanya mengalami kesulitan menggerakkan kepala ke satu sisi, sehingga bayi cenderung tidur menghadap ke sisi yang sama terus-menerus.*

LaporanĀ Sandra Ridhola Veronica