Ratusan Atlet Perebutkan Piala Kejurnas Karate Antardojo Gojukai Jaksa Agung Cup

Pembukaan Kejurnas Karate Antardojo Gojukai Jaksa Agung
Pembukaan Kejurnas Karate Antardojo Gojukai Jaksa Agung

FORUM KEADILAN – Bertempat di JK Arenatorium Gelanggan Olahraga (GOR) Universitas Hasanuddin, Makassar, ratusan atlet karate memperebutkan piala bergilir Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Antardojo Gojukai Jaksa Agung Cup I.

Kejurnas tersebut dibuka oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan Leonard Eben Ezer Simanjuntak pada Senin, 17/7/2023.

Leonard mengatakan, Kejuruan Jaksa Agung Cup I ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Adhyaksa ke-63.

“Hari bakti Adhyaksa ini kita isi dengan membuka kembali kejuaraan karate,” ujar Leonard.

“Harapan kami, kita bisa menghasilkan atlet-atlet baik untuk wasit juga, sehingga kita bisa bawa baik tingkat nasional ataupun internasional,” harapnya.

Selain itu, Leonard juga berharap agar kejuaran di tingkat kabupaten kota dapat ditingkatkan.

Terlebih, dalam pembukaan kejurnas itu juga dilakukan pelantikan ketua pengurus Karate Antardojo Gojukai yang didominasi kepala kejaksaan negeri (Kajari).

“Harapan kami juga kepada para kepala cabang Gujokai di kabupaten/kota ini terus membangun pertandingan antar mereka,” imbuhnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Karate Antardojo Gojukai “Jaksa Agung Cup I Tahun 2023”, Zet Tadung Allo melaporkan bahwa pertandingan ini diikuti 45 Kontongen/Tim dari 12 Komda Gojukai Se-Indonesia dengan jumlah atlit sebanyak 630 orang, official sebanyak 107 orang, jumlah wasit dan juri yang bertugas sebanyak 67 orang.

Ia juga menyampaikan ada ratusan medali yang disiapkan penyelenggara.

“Kejurnas Kejagung Cup ini mempertandingkan 104 kelas untuk memperebutkan 104 medali emas. 104 medali perak dan 208 medali perunggu,” tutur Zet Tadung Allo.

“Untuk pesertanya ada dari pulau Jawa dan luar Jawa serta luar Sulawesi. Dalam Kejurnas ini dipertandingkan mulai usia dini 6-7 tahun, hingga kelas veteran, semua ada kita pertandingkan dengan 10 kategori dengan pelaksanaan pertandingan selama dua hari, mulai hari ini sampai besok,” tambahnya.

Sekedar diketahui, pada pembukaan kejuaraan ini sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulsel tampak hadir. Diantaranya, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi, sejumlah bupati dan rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa.*