Jokowi: ASEAN Harus Cari Solusi, Bukan Memperuncing Masalah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN dan negara mitra yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat, 14/7/2023 | YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN dan negara mitra yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat, 14/7/2023 | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pertemuan ke-56 Menlu ASEAN yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat, 14/7/2023.

Pertemuan itu dihadiri para Menlu dari negara ASEAN, kecuali Myanmar. Menlu Amerika Serikat, Menlu Inggris, Menlu Australia hingga Diplomat Top Cina turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut Jokowi mengingatkan, eksistensi ASEAN dan negara-negara mitranya bukan untuk memperuncing masalah, melainkan mencari solusi atas masalah tersebut.

“Saya percaya keberadaan Anda di ASEAN Foreign Ministers Meeting dan di Post Ministerial Conference adalah untuk mencari penyelesaian terhadap masalah-masalah kawasan, masalah-masalah dunia, bukan justru sebaliknya, apalagi sampai memperuncing masalah,” ungkap Jokowi.

Oleh sebab itu, kata Jokowi, ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan dan harus mengedepankan dialog inklusif dalam menyelesaikan suatu masalah sambil menerapkan sentralitas ASEAN.

Jokowi juga menegaskan, ASEAN tidak boleh disalahgunakan atau menjadi ‘boneka’ negara lain.

“ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan, tidak boleh menjadi PROXY negara mana pun dan hukum internasional harus dihormati secara konsisten,” tegas Ketua ASEAN 2023 itu.

Untuk membantu mewujudkannya, Jokowi menyerukan dukungan negara-negara mitra terhadap solidaritas, sentralitas, dan soliditas ASEAN dalam menjaga perdamaian serta menghadapi tantangan global.

“Kami di ASEAN berkomitmen untuk terus memperkuat persatuan dan soliditas serta memperkokoh sentralitas ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan,” kata Jokowi.

“Untuk itu, kerja sama dan dukungan-nya dari para mitra dan tamu ASEAN sangat kami harapkan,” tutupnya.*