Mahfud Sebut PPATK Periksa Aliran Uang 289 Rekening Terkait Panji Gumilang

Menko Polhukam Mahfud MD | Ist
Mahfud MD | Ist

FORUM KEADILAN – Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan sebanyak 289 rekening atas nama pimpinan pondok pesantren Al- Zaytun, Panji Gumilang, dan institusinya tengah ditelusuri Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Mahfud mengatakan, total rekening atas nama Panji Gumilang ada 256. Sedangkan 33 lainnya atas nama institusi.

Bacaan Lainnya

“Ya memang. 256 rekening atas nama Abu Toto Panji Gumilang, Abdu Salam Panji Gumilang, nama di itu ada enam. Ada Abu Toto, ada Panji Gumilang, ada Abu Salam, pokoknya enam lah,” ujar Mahfud kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 5/7/2023.

“Dan dari situ dari 256 rekening atas nama dia, dan 33 rekening atas nama institusi. Jadi 289,” sambung Mahfud.

Menurut Mahfud, PPATK kini sedang menganalisis ratusan rekening itu untuk menelusuri apakah ada dugaan pencucian uang dalam rekening tersebut.

“Ini sekarang sedang dianalisis dari sudut PPATK. Apakah ada pencucian uang atau tidak, secepatnya,” katanya.

Kata Mahfud, alasan PPATK turun tangan karena ratusan rekening Panji Gumilang tersebut masuk kategori agak mencurigakan.

“Kalau agak mencurigakan makanya diambil oleh PPATK. Sekarang sedang diambil oleh PPATK, agak mencurigakan,” tegas Mahfud.

Sebelumnya, Panji Gumilang menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri terkait kasus dugaan penistaan agama di Bareskrim Polri pada Senin, 3/7.

Usai pemeriksaan, penyidik pun langsung melakukan gelar perkara. Kasus tersebut kini ditingkatkan statusnya ke tahap penyidikan.*