Jokowi dan Dresscode Merah Jadi Suntikan Semangat Tempur Skuad Garuda  

Ketum PSSI Erick Thohir serukan supporter Indonesia kenakan dress code merah saat menonton FIFA Matchday di Stadion GBK, Senin, 19/6/2023. | Ist

FORUM KEADILAN – Tak hanya menerima dukungan Presiden Joko Widodo dengan menyaksikan langsung pertandingan FIFA Matchday, pemain Timnas Indonesia yang akan berlaga dengan Timnas Argentina, Senin, 19/6/29023. juga mendapatkan semangat tambahan dari kehadiran supporter mengenakan dresscode merah.

Kepastian datangnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyemangati Timnas Indonesia disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada awak media di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 19/6/2023.

Bacaan Lainnya

Tak hanya menonton, usai pertandingan Jokowi juga disebut Bey bakal menemui deretan pemain Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan berbeda, Erick Thohir sejak kemarin menyerukan pemegang tiket pertandingan Matchday untuk mengenakan pakaian ber-dresscode merah sebagai dukungan moral kepada skuad Garuda.

“Ayo semua pakai baju merah. Jangan pakai putih biru, baju merah! Kita ini Indonesia,” pesan Erick Thohir kemarin.

Menurutnya dukungan dress code merah sebagai bentuk kebanggaan terhadap Timnas Indonesia. Meski Argentina memiliki banyak pemain bintang, Erick menekankan Indonesia merupakan negara besar yang tak ingin diremehkan.

“Makanya saya mengimbau seluruh penonton yang cinta Tim Nasional pakai merah, jangan putih biru (jersey Argentina),” tukas Erick Thohir.

Shin Tae-yong menilai ketidakhadiran Messi atau Di Maria di dalam lapangan nanti tidak membuat Argentina menjadi tim lemah dan mudah untuk dikalahkan.

Tim Tango masih diperkuat para pilarnya di Piala Dunia 2022 seperti Rodrigo de Paul (Atletico Madrid), Alexis Mac Allister (Liverpool) serta pemain-pemain muda potensial semisal Alejandro Garnacho (Manchester United) dan peraih treble winners (juara Premier League, FA Cup, Champions League) bersama Manchester City, Julian Alvarez.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Shin Tae-yong menyebut tanpa kehadiran Messi dan Di Maria Argentina merupakan tim terbaik dunia. Shin Tae-yong memastikan skuad garuda siap tempur di FIFA Matchday

“Tidak ada Messi dan Di Maria juga mereka tetap tim terbaik di dunia. Kita sudah siap melawan Argentina dan berjuang keras,” kata Shin Tae-yong.

 

Jamin Aman

Untuk menjamin amannya pertandingan Matchday ini, Polda Metro Jaya mengerahkan 5.596 personel. Ribuan personel tersebut merupakan gabungan dari berbagai unsur Polri, dibantu TNI, Pemerintah Daerah, dan stewart.

Ditlantas Polda Metro Jaya juga melakukan rekayasa lalu lintas bersifat situasiobnal saat pertandingan berlangsung,

Menghadapi Argentina, pelatih Shin Tae-yong dipastikan akan menrunkan sejumlah pemain andalan antara lain Dimas Drajad, Asnawi Mangkualam, Arhan Pratama, dan Marc Klok.

Bek Sandy Walsh yang mengalami cedera betis saat menjalani pemusatan latihan di Surabaya, Jawa Timur tak akan dimainkan dalam laga ini. Sementara skuad Albicaleste yang dilatih Lionel Scaloni diprediksi akan menurunkan sejumlah pemain muda potensial, diantaranya Alejandro Garnacho, dan Julian Alvarez. *