Senin Mendatang, Ribuan Buruh Geruduk Istana Negara dan Gedung MK

Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal
Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal

FORUM KEADILANPartai Buruh bakal gelar aksi di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, pada Senin, 5/6/2023.

Menurut Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, aksi ini akan dilakukan oleh ribuan buruh yang akan turun ke jalan.

Bacaan Lainnya

“Pada tanggal 5 juni 2023 hari Senin, Partai Buruh dan ribuan buruh akan diorganisir demonstrasi di depan gedung Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara,”katanya, dalam konferensi pers, Sabtu, 5/6.

Selain digelar di Ibu Kota Jakarta, aksi juga bakal dilanjutkan oleh buruh di berbagai daerah lainnya.

“Di antaranya pada tanggal 6 Juni buruh akan menggelar aksi di depan kantor Gubernur Banten, pada tanggal 7 Juni akan menjadi puncak dari aksi para buruh yakni di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, dan tanggal 9 Juni aksi kembali bergulir di depan kantor Gubernur Jawa Timur,” ujarnya.

Rencananya aksi di depan gedung MK ini akan digelar pada buruh mulai  pada pukul 11 siang bertepatan dengan dilaksanakannya sidang kedua terhadap gugatan judicial review UU Cipta Kerja yang sebelumnya diajukan oleh perwakilan Partai Buruh pada 23 Mei 2023 lalu.

Sama seperti aksi sebelumnya, pada aksi tersebut, para buruh masih menuntut tiga hal pokok yakni, pencabutan UU Omnibus Law Cipta Kerja, kedua, revisi parliamentery threshold 4 persen, ketiga adalah cabut presidential threshold.

“Partai Buruh menganggap tiga paket Undang-Undang terebut bersifat demokrasi terpimpin, mengancam masa depan demokrasi walaupun selalu hakim Mahkamah Konstitusi menyatakan open legal policy. Kita tidak sependapat,” tandasnya.*

 

Laporan Novia Suhari