Urai Kepadatan di Stasiun Manggarai, KCI Berlakukan Jadwal Baru per 1 Juni

Penumpukan di Stasiun Manggarai | forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Stasiun Manggarai beberapa waktu belakangan menjadi tempat yang kerap dikeluhkan oleh para pengguna Commuter Line.

Menjadi tempat transit bagi beberapa rute KAI Commuter Line, Stasiun Manggarai menjadi padat dan membludak.

Bacaan Lainnya

Menanggapi keluhan para pengguna, mulai 1 Juni, pihak PT KAI Commuter Indonesia (KCI) akan memberlakukan Gapeka atau Grafik Perjalanan Kereta Api 2023 demi mengoptimalkan lalu lintas Commuter Line dan memudahkan pengguna.

“Dalam pemberlakuan Gapeka 2023 per 1 Juni nanti, KAI Commuter terus melakukan peningkatan-peningkatan layanan kepada pengguna transportasi Commuter Line Jabodetabek pada setiap lintas perjalanan. Seperti penambahan kecepatan perjalanan, memperkecil headway dan penambahan perjalanan Commuter Line pada beberapa koridor lintas ramai pengguna,” tulis KAI Commuter pada rilis resminya.

KAI Commuter rencananya akan menambah frekuensi perjalanan di Commuter Line Bogor.

Mereka akan mengoperasikan sebanyak 420 perjalanan Commuter Line Bogor dengan 41 rangkaian yang siap beroperasi di lintas tersebut.

KAI Communter juga menambah 2 perjalanan menjadi sebanyak 50 perjalanan dengan headway selama 5 menit pada lintas Depok-Manggarai/Jakarta Kota khususnya pada jam sibuk pagi mulai pukul 04.00 WIB hingga 08.00 WIB.

Sedangkan pada jam sibuk sore, 15.00 WIB hingga 20.00 WIB, KAI Commuter menambah 1 perjalanan menjadi 52 perjalanan dengan headway rata-rata selama 5 menit untuk Commuter Line lintas Jakarta Kota-Nambo/Bogor.

Untuk perjalanan rute Manggarai-Kampung Bandan akan ditambah 13 perjalanan menjadi 33 perjalanan demi mengurai kepadatan pengguna rute Sudirman/Tanah Abang/Duri di jam sibuk pagi.

Sementara pada jam sibuk sorenya, KAI Commuter menambah 17 perjalanan menjadi 40 perjalanan pada lintas Kampung Bandan-Manggarai.

“Sebagai alternatif pilihan pada jam sibuk pagi dan sore, pengguna Commuter Line di sekitar wilayah Tangerang yang akan menuju atau dari wilayah pusat perkantoran di kawasan Sudirman dan sekitarnya bisa menggunakan layanan perjalanan Commuter Line Basoetta,” tulis KAI Commuter.

“Pengguna bisa naik atau turun di Stasiun-stasiun transit seperti Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper,” tutup mereka.*