Kabar Gembira Bagi Pengguna Commuter Line

Penumpukan di Stasiun Manggarai | forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Masyarakat Jabodetabek pengguna jasa kereta api listrik atau Commuter Line dan bisa jadi bergembira mendengar berita ini.

Pasalnya, mulai 1 Juni 2023, PT KAI akan memberlakukan penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023. Penyesuaian ini berhubungan dengan penambahan layanan dan semakin singkatnya waktu tempuh perjalanan.

Bacaan Lainnya

VP Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba dalam keterangannya menjabarkan pelayanan operasional perjalanan Commuter Line akan bertambah 61 perjalanan. Penambahan dilakukan secara bertahap dengan mengoperasikan 100 trainset per harinya

“Perlahan-lahan bakal ada 100 rangkaian kereta api yang beroperasi untuk KRL Commuter Line,” kata Anne.

Khususnya di lintas pelayanan KRL Bekasi menurut Anne, akan ada penambahan sebanyak 44 perjalanan untuk relasi Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan via Manggarai maupun via Pasar Senen.

Sedangkan di lintas pelayanan KRL Tanjung Priok akan mengalami penambahan 14 perjalanan.

PT KCI juga akan mengoptimalisasi layanan operasi kereta bandara Soekarno-Hatta dan juga kereta lokal Pelabuhan Merak.

Untuk kereta lokal Pelabuhan Merak, waktu tempuhnya dipersingkat dari awalnya 116 menit menjadi 108 menit. Nantinya, akan ada 14 perjalanan kereta lokal Pelabuhan Merak yang melayani penumpang per 1 Juni.

Sementara itu, untuk pelayanan KA Bandara Soetta yang awalnya hanya melayani 40 perjalanan per hari akan meningkat signifikan menjadi 70 perjalanan per hari dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara Soetta.

Peningkatan layanan kereta Bandara Soetta juga dimaksimalkan pada waktu tempuh perjalanan menjadi 52 menit atau lebih cepat 4 menit jika dibanding sebelumnya.* (Tim FORUM KEADILAN)