Penumpang KRL Bantu Ibu Melahirkan tanpa Dokter dan Bidan di KA Walahar

Seorang ibu melahirkan dengan selamat di KA Walahar. | Dok PT KAI Commuter
Seorang ibu melahirkan dengan selamat di KA Walahar. | Dok PT KAI Commuter

FORUM KEADILAN – Seorang ibu melahirkan di atas kereta rel listrik (KRL) KA Walahar pada Kamis, 18/5/2023 pagi pukul 09.20 WIB. Persalinan dibantu penumpang KRL dan petugas keamanan kereta.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan seorang ibu memang tengah hamil tua dan duduk di ekonomi 6 bangku prioritas. Dalam perjalanan menuju Stasiun Cikarang, ibu itu mengalami kontraksi.

Bacaan Lainnya

“Dalam perjalanan menuju Stasiun Cikarang, pengguna yang hamil mengalami kontraksi. Bertepatan pada saat petugas keamanan mobile untuk memeriksa antar kereta. Pengguna tersebut naik dari Stasiun Cibungur,” kata Anne dalam keterangannya, Jumat, 19/5.

Petugas dengan sigap langsung membantu seorang ibu itu menahan sakit dan mencari pengguna KRL yang berprofesi sebagai dokter atau bidan. Adapun tujuannya untuk membantu persalinan sang ibu.

Karena tidak ada pengguna yang berprofesi sebagai dokter atau bidan, akhirnya pengguna KRL perempuan lainnya pun membantu ibu hamil tersebut. Beruntung, anak perempuan pun berhasil dilahirkan dalam keadaan selamat.

“Dengan bantuan pengguna perempuan lainnya, dengan peralatan seadanya pula dan dengan selamat lahir bayi perempuan di atas KA Walahar,” jelasnya.

Petugas keamanan kereta kemudian berkoordinasi dengan petugas di Stasiun Cikampek untuk mempersiapkan tandu guna memberikan pertolongan kepada ibu dan bayi.

“Setelah kondisi pengguna dinyatakan stabil, selanjutnya dirujuk ke RS Izza Cikampek,” pungkasnya.*