Pria Berbaju Ormas yang Palak Sopir di Bogor Tersangka, Pengurus PP: Bukan Anggota

Pria berbaju Ormas
Tangkapan layar video viral pria berbaju Ormas palak sopir di Bogor. | ist

FORUM KEADILAN – Pria berbaju organisasi kemasyarakatan (ormas) yang viral karena aksinya memalak sopir boks di Rancabungur, Bogor, akhirnya ditangkap polisi. Pria bernama Rudi itu sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan intensif sebagai tersangka di kantor Satreskrim Polres Bogor,” kata Kasat Reskrim Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yohannes Redhoi Sigiro, Kamis, 18/5/2023.

Yohanes menjelaskan, pria tersebut diduga anggota Ormas Pemuda Pancasila lantaran memiliki seragam dan Kartu Tanda Anggota (KTA) PP di Peuteuycondong, Cibeber, Kabupaten Cianjur. Namun polisi masih mendalami lagi apakah KTA tersebut asli atau palsu.

Akibat ulahnya memalak sopir truk, Rudi dikenai Pasal 368 subsider 335 KUHP. Dia terancam hukuman maksimal 9 tahun penjara.

Sementara itu, Ketua Pemuda Pancasila PAC Cibeber, Subuh menegaskan, pria pemalak tersebut tidak tercatat sebagai anggota di Pemuda Pancasila Kecamatan Cibeber.

“Tidak tercatat sebagai anggota, bukan anggota (Pemuda Pancasila) di Kecamatan Cibeber. Sudah dicek di pengurusan dan di keanggotaan, tidak ada yang namanya Rudi,” kata Subuh.

Subuh menjelaskan, pihaknya melakukan penelusuran kepada jajaran pengurus dan anggotanya setelah adanya informasi ihwal pria yang diketahui bernama Rudi itu diduga merupakan anggota PP Cianjur, tepatnya di Kecamatan Cibeber.

Hasil penelusuran terungkap, bahwa Rudi memang sempat tinggal di Cianjur dan beberapa kali berkumpul dengan anggota Pemuda Pancasila di Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber.

“Informasinya memang pernah tinggal di Cibeber. Karena nikah sama orang Peuteuycondong, Cibeber. Kemudian beberapa kali ikut kumpul dengan anggota PP di desa tersebut,” terang Subuh.*