Johnny G Plate Dicopot dari Sekjen Nasdem setelah Jadi Tersangka

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh beserta jajaran elite Nasdem dalam jumpa pers di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu, 17/5/2023. | Ist
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh beserta jajaran elite Nasdem dalam jumpa pers di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu, 17/5/2023. | Ist

FORUM KEADILAN – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyatakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dicopot dari jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem.

Pencopotan Plate ini menyusulkan Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Plate menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022.

Bacaan Lainnya

Untuk menggantikan Plate, menurut Surya Paloh, Wasekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim menjadi Plt Sekjen Nasdem untuk sementara waktu.

“Kami telah menetapkan, memutuskan saudara Haji Muhammad Taslim, Hermawi Taslim, sebagai Plt Tugas Kesekjenan Sekjen,” ujar Paloh di Nasdem Tower, Rabu, 17/5/2023.

Adapun pencopotan ini diumumkan usai Paloh mengumpulkan para elite Nasdem ke Nasdem Tower. Mereka membicarakan nasib Plate di Nasdem usai jadi tersangka korupsi sejak tadi siang.

NasDem Berduka

Paloh mengaku sedih ketika Sekjen Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung. Dia mengatakan saat ini Partai NasDem dalam kondisi berduka.

“Kesedihan yang sukar untuk kami tutupi. Kami berupaya untuk menutupi ini, kami berupaya untuk kami tetap tegar, bisa tersenyum dengan teman-teman semuanya, kami upayakan itu,” ucap Paloh.

Dia tidak menyangkal bukan kali ini saja kader NasDem terjerat kasus korupsi. Sebelumnya pun ada.

Namun, Paloh merasa kali ini lebih sedih lantaran Sekjen yang menjadi tersangka.

“Tapi untuk hal yang terjadi kali ini, kepada saudara kami Johnny Plate, saya harus katakan sekali lagi, kami berduka untuk ini,” kata dia.

Paloh mengatakan NasDem akan memberikan pendampingan hukum kepada Plate. Dia menegaskan bahwa bantuan hukum wajib diberikan kepada kader.

Selain itu, dia juga menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Paloh mengatakan NasDem berada di barisan depan dalam menjaga profesionalitas penegakan hukum.

“Proses hukum ini harus kita hormati. Kami tetap menghormati, tetapi sukar untuk mengusik apa yang terjadi di dalam perasaan emosi diri saya,” ucapnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebagai tersangka.

“Satu orang sudah ditetapkan sebagai tersangka seperti yang Anda saksikan tadi dan langsung dilakukan penahanan,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana dalam jumpa pers di Kejagung, Rabu, 17/6/2023. Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi mengungkapkan, penetapan tersangka terhadap Plate terkait wewenang dia sebagai pengguna anggaran dan posisinya sebagai menteri.

“Tentunya selaku pengguna anggaran dan selaku menteri. Atas hasil pemeriksaan tersebut sehingga tim penyidik pada hari ini telah meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi menjadi tersangka,” kata Kuntadi.*