Barcelona Kampiun La Liga 2022/2023!

Para pemain FC Barcelona melakukan selebrasi merayakan juara La Liga musim 2022/2023 usai membekuk tuan rumah Espanyol 4-2 di RCDE Stadium | (Photo by David Ramos/Getty Images)

FORUM KEADILAN – FC Barcelona resmi menjadi kampiun La Liga musim 2022/2023. Hasil ini dipastikan usai pasukan Xavi Hernandez sukses meraup tiga poin pada pekan ke-34. Barcelona menang dengan skor 4-2 atas tuan rumah Espanyol di RCDE Stadium, Senin (16/5/2023) dini hari WIB.

Empat gol Blaugrana dicetak oleh Robert Lewandowski (11′, 40′), Alejandro Balde (20′), dan Jules Kounde (53′). Espanyol sempat membalas dua gol berkat lesakan Javier Puado (73′) dan Joselu (90′).

Bacaan Lainnya

Berkat raihan poin penuh ini, Barcelona telah mengumpulkan 85 poin dari 34 laga. Jules Kounde dkk unggul 14 angka dari Real Madrid di peringkat ke-2.

Dengan empat laga tersisa di musim 2022/2023, Madrid maksimal hanya bisa menambah 12 angka ke koleksi poin mereka. Itu berarti sudah tidak ada kesempatan lagi bagi Los Blancos untuk mengejar perolehan poin Barcelona.

Ini merupakan gelar juara Liga Spanyol yang ke-27 bagi El Barca. Terakhir kali klub Catalan ini merajai Spanyol terjadi pada musim 2018/2019, atau sekitar tiga musim yang lalu.

Gelar kali ini juga begitu spesial bagi Xavi Hernandez. Ini menjadi gelar Liga Spanyol pertama yang diberikannya untuk Barcelona dengan statusnya sebagai pelatih.

Sebelumnya, Xavi baru memberikan gelar pertama Barcelona saat menjuarai Piala Super Spanyol 2022/2023.

Barcelona asuhan Xavi pada musim ini memang tampil sangat impresif di kancah liga domestik. Sampai gelar juara diraih, Barcelona baru kalah tiga kali.

Permainan dengan mengandalkan penguasaan bola masih jadi ciri khas utama mereka. Walaupun produktifitas gol mereka (64 gol) masih kalah sedikit dari rival bebuyutannya Madrid (70 gol), lini pertahanan mereka tampil solid dengan hanya baru kebobolan 13 gol sejauh ini.

Sementara di lini depan, nama Robert Lewandowski yang baru pindah ke Camp Nou pada awal musim, langsung moncer dan menjelma menjadi momok yang menakutkan bagi tim-tim lawan Barcelona.

Dengan tambahan dua gol darinya pada laga kontra Espanyol malam tadi, membuat ia makin mengukuhkan dirinya sebagai top skor sementara La Liga dengan 21 gol dari 30 laga yang telah dimainkannya. Lewandowski adalah calon terkuat peraih El Pichichi musim ini.

Besar kemungkinan pesta penobatan juara bagi Barca akan dilangsungkan pekan depan saat mereka menjamu Real Sociedad di Spotify Camp Nou 21 Mei mendatang.