KPU Terima Berkas Pendaftaran 580 Bacaleg Perindo

Perindo
Perindo daftarkan Bacaleg DPR RI ke KPU. | ist

FORUM KEADILAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima secara resmi berkas pendaftaran 580 bakal calon legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menyerahkan berkas pendaftaran para calon peserta Pemilu 2024 itu kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu, sekira pukul 16.15 WIB.

Bacaan Lainnya

“Pada hari ini, Minggu, 14 Mei 2023 yang merupakan hari terakhir pendaftaran bakal calon anggota DPR RI, hadir Pimpinan Pusat Partai Perindo untuk mendaftarkan bakal calon DPR-nya,” kata Hasyim.

Usai menerima dan memeriksa berkas-berkas tersebut, KPU RI akan memberitahukan status kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon legislatif untuk DPR RI dari Partai Perindo.

Nantinya, apabila berkas dinyatakan tidak lengkap, KPU memberikan kesempatan pada Perindo untuk melakukan perbaikan sebelum batas waktu akhir pendaftaran bakal caleg DPR RI pada Minggu pukul 23.59 WIB.

Hary Tanoe menyampaikan, daftar bakal caleg DPR RI yang diajukan oleh Partai Perindo mewakili inklusivitas keanggotaan partai tersebut.

Bos MNC itu mengatakan, para bakal caleg DPR dari Perindo terdiri atas berbagai latar belakang, mulai dari ulama, purnawirawan TNI/Polri, akademisi, aktivis, hingga artis.

“Para bakal caleg ini betul-betul mewarnai inklusivitas keanggotaan dan kader partai karena terdiri atas beberapa unsur, mulai dari ulama, pensiunan TNI/Polri, akademisi, pengusaha, artis, bahkan ada pula dari aktivis dan tokoh milenial ikut bagian dari pemilu nanti,” terang Hary Tanoe.

Hary Tanoe mengungkapkan, pihaknya pada Pemilu 2024 menargetkan bisa lolos ke parlemen. Bahkan, ia optimistis partai yang dipimpinnya mampu meraup 10 persen suara nasional.

“Target kami partai doubel digit, dua gidit, kalau kita bicara dua digit di atas 10 persen, bisa 10 koma mudah-mudahan jauh di atas 10,” kata Hary Tanoe.

Kedatangan Hary Tanoe ke KPU RI didampingi iring-iringan gerobak UMKM. Sejumlah artis seperti Aldi Taher, Limbad dan Yusuf Mansur turut hadir dalam pendaftaran bakal caleg Perindo.

Pada kesempatan itu, Hary juga didampingi oleh beberapa unsur pimpinan pusat Partai Perindo, seperti Ketua Harian Nasional DPP Partai Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, Sekretaris Jenderal Ahmad Rofiq, dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Mahyudin.

Hingga Minggu sore, sejak pendaftaran bakal caleg DPR RI dibuka pada Senin, 1/5, sebanyak 14 partai politik telah mendaftarkan bakal caleg DPR, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hanura, PDI Perjuangan (PDIP), Partai NasDem, dan Partai Ummat.

Kemudian Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kesatuan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, dan Partai Perindo.*