Pasca 18 Tahun Pengabdian, Sergio Busquets Umumkan Hengkang Dari Barcelona

Tribute kepada Sergio Busquets untuk penampilannya yang ke-700 bersama FC Barcelona | (Photo by Joan Valls/Urbanandsport /NurPhoto via Getty Images)

FORUM KEADILAN – Legenda FC Barcelona dan Timnas Spanyol Sergio Busquets secara resmi mengumumkan akan hengkang dari klub Catalan itu pada akhir musim 2022/2023.

Busquets tidak akan memperpanjang masa baktinya di Barcelona setelah kontrak gelandang jangkar elegan itu berakhir musim ini. Ia akan pergi dengan status bebas transfer.

Bacaan Lainnya

Busquets mengonfirmasi kepergiannya dengan merilis sebuah video emosional di akun media sosial Barcelona yang dilansir oleh The Guardian.

Keputusan Busquets tentu menyisakan kesedihan bagi penggemar Barcelona. Sebab, ia telah banyak berkontribusi selama 18 tahun untuk Blaugrana, termasuk 3 tahun di level junior.

Menurut data Transfermarkt, Busi panggilan akrabnya, sejauh ini telah tampil sebanyak 719 kali untuk Barcelona di berbagai kompetisi dan mencetak 18 gol serta 45 assist. Ia adalah pemegang rekor penampil terbanyak ketiga bagi klub raksasa Spanyol tersebut.

Kepergian Busquets juga menandai akhir era “Tiki Taka”, sebuah gaya atau taktik permainan revolusioner ala Barcelona kreasi Pep Guardiola yang begitu mendominasi dunia persepakbolaan Eropa sejak medio 2008 lalu.

Busquets adalah tonggak utama atau fondasi Tiki Taka sejak era Guardiola sampai Luis Enrique bersama dua sejawatnya yang juga merupakan legenda klub, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Xavi yang pensiun pada 2019, saat ini adalah pelatih kepala El Barca. Sedangkan Iniesta yang hijrah dari Barcelona sejak 2018, saat ini masih bermain di Liga Jepang bersama Vissel Kobe.

Bersama, mereka telah mempersembahkan Liga Spanyol (8 trofi), Copa del Rey (7), Piala Super Spanyol (7), Liga Champions (3), Piala Super Eropa (3), dan Piala Dunia Antarklub (3).

Trio Xavi, Iniesta, dan Busquets bisa dibilang adalah komposisi gelandang terbaik di dunia selama kurang lebih satu dasawarsa. Tidak hanya di Barcelona, kebersamaan dan kesuksesan mereka juga berlanjut di Timnas Spanyol.

Gelar back to back Piala Eropa 2008 dan 2012 dan Juara Piala Dunia 2010 adalah bukti kesahihan trio legendaris tersebut.

Kisah Sergio Busquets di Barca memang sangat berkelas dan ia merupakan pemain yang penuh komitmen. Bakat dan kemampuannya membaca permainan membuatnya menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik dalam permainan.

Busquets belum mengumumkan kemana ia akan berlabuh musim depan. Namun, disebut ia tertarik untuk berkarir di Liga Amerika atau Major League Soccer (MLS).

Barcelona dan Busquets akan berpisah pada akhir musim 2022/2023. Namun, akhir pekan ini, sebuah pesta mungkin digelar untuk Busquets.

Pasalnya, Barcelona akan merayakan gelar juara La Liga 2022/2023 andai menang atas Espanyol pada laga di RCDE Stadium, Senin (1/5/2023) dini hari WIB.

 

Adéu Busi, gràcies per tot!