Jelang Semifinal Indonesia vs Vietnam, Indra Sjafri Yakin Tembus Partai Puncak

Indonesia akan menghadapi Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023, Sabtu (13/5) di Olympic Stadium, Phnom Penh.

FORUM KEADILAN – Timnas U-22 Indonesia akan menghadapi Timnas U-22 Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (13/5) pukul 16.00 WIB.

Indonesia lolos ke semifinal setelah sebelumnya berhasil menjuarai babak penyisihan grup A yang dihuni oleh tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Bacaan Lainnya

Garuda Muda berhasil menyapu bersih kemenangan di seluruh laga Grup A, dengan produktifitas gol yang terbilang menjanjikan, yaitu 13 memasukkan dan hanya sekali kemasukan.

Sementara Vietnam, yang diketahui merupakan salah satu kekuatan sepak bola terkuat di Asia Tenggara dan lawan tangguh bagi Indonesia, sukses lolos ke babak empat besar sebagai runner up grup B dibawah Thailand.

Nasib The Red Dragons bisa disebut agak kurang beruntung karena sebetulnya anak asuh Philippe Troussier ini memiliki poin yang sama dengan Thailand sebagai juara grup. Mereka hanya kalah produktifitas gol melawan tim gajah perang.

Duel semifinal kontra Vietnam sore ini bisa dibilang ujian yang sebenarnya bagi coach Indra Sjafri dan squad besutannya, karena di fase grup mereka dihadapkan pada lawan-lawan yang sebetulnya relatif “enteng”.

Melihat head to head antar kedua tim, ini menjadi pertemuan ke-15 Indonesia dengan Vietnam di ajang SEA Games. Dan statistik menyebutkan, performa Indonesia kalah garang dibandingkan Vietnam.

Sementara, tim Merah-Putih memetik kemenangan sebanyak lima kali, dua laga berakhir imbang, dan tujuh lainnya Vietnam menuai kemenangan. Bahkan dalam tiga pertandingan terakhir dengan Vietnam di SEA Games, Indonesia selalu menelan kekalahan.

Ini tentu menjadi catatan penting bagi Indra Sjafri jika tidak ingin mengulang kegagalan, karena ia juga adalah pelatih yang menukangi Indonesia di SEA Games 2019 dimana Vietnam dua kali membungkam timnas kala itu di fase grup dan parta final.

Namun, pelatih berusia 60 tahun asal Sumatra Barat itu percaya hasilnya akan berbeda kali ini.

“Saya kalah dari Vietnam di SEA Games 2019, tapi kali ini saya yakin Timnas Indonesia cukup kuat untuk menang melawan Vietnam dan Thailand untuk mencapai target meraih emas,” ujarnya.

“Saya pikir dengan empat kali pertandingan, insyaAllah kami mengikuti semua pertandingan Vietnam dan mudah mudahan apa yang kami rekap tentang kelebihan dan kekurangan Vietnam tepat adanya,” tambah Indra Sjafri.

 

Jadwal semifinal SEA Games 2023:

 

Prediksi Starting XI :

Indonesia : Ernando Ari (GK); Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan; Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga; Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta.

Vietnam : Van Chuan Quan (GK); Quang Thinh Tran, Tien Long Vu, Tuan Tai Phan, Quoc Nhat Nam Le; Thao Son Nguyen, Duc Phu Nguyen, Minh Trong Vo, Thanh Nhang Nguyen; Van Tung Nguyen, Van Do Le.