Bukan Pasang, Dinas PU Bandar Lampung Tegaskan Mobil Digunakan Lepas Bendera Nasdem

Tangkapan layar video viral mobil crane Pemkot Bandar Lampung digunakan untuk memasang bendera Partai Nasdem. | ist
Tangkapan layar video viral mobil crane Pemkot Bandar Lampung digunakan untuk memasang bendera Partai Nasdem. | ist

FORUM KEADILAN – Sekretaris Dinas PU Bandar Lampung Muhaimin membantah mobil crane Pemkot digunakan untuk memasang bendera Partai Nasdem. Menurut Muhaimin, mobil itu justru digunakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) untuk melepas bendera tersebut.

“Bukan untuk memasang, tetapi untuk menurunkan bendera parpol, (mobil crane) dipinjam oleh Satpol PP,” kata Muhaimin saat rapat dengar pendapat (hearing) dengan Komisi III DPRD Kota Bandar Lampung, Rabu, 10/5/2023.

Bacaan Lainnya

Muhaimin bilang, mobil crane itu dipinjam lantaran petugas Satpol PP tidak mampu menjangkau bendera yang dipasang di atas tiang tinggi, di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam. Menurutnya, bendera itu sudah terpasang sejak tiga bulan lalu, namun saat hendak ditertibkan, kegiatan petugas direkam oleh warga, dan disebar luaskan dengan narasi bahwa petugas memasang bendera partai.

“Tapi belum sampai diturunkan sudah ada yang memvideokan hingga viral,” katanya.

Muhaimin menegaskan, petugas melakukan penurunan bendera. Ihwal dilakukan malam hari, pertimbangannya adalah arus lalu lintas yang padat pada siang hari.

“Jadi sekali lagi kita tegaskan kita tidak memasang, tapi menurunkan bendera yang sudah sobek mengganggu keindahan kota,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Sebelumnya diberitakan, sebuah video viral di media sosial (medsos) yang memperlihatkan rekaman sebuah mobil crane milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, Lampung, dipakai untuk memasang bendera Partai Nasdem.

Dalam video yang beredar, mobil crane itu berlogo Pemerintah Kota Bandar Lampung. Mobil itu biasa digunakan untuk perawatan penerangan jalan dan pohon-pohon di tepi jalan.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Kota Bandar Lampung, pada malam hari. Terdengar perekam video mengatakan bahwa itu adalah mobil dinas pemerintah yang digunakan untuk memasang bendera partai.

Mobil pemerintah pasang bendera partai. Mobil pemerintah. Woi, itu mobil pemerintah. Punya rakyat mobil ini,” kata perekam video.

Perekam video itu lantas mendatangi truk crane tersebut. “Ada dua orang nih yang memasang,” ujarnya.

Terlihat pula bahwa yang sedang dipasang dengan menggunakan mobil crane Pemkot Bandar Lampung itu adalah bendera Partai Nasdem.

Kemudian, perekam memperlihatkan tulisan di pintu samping kanan crane berwarna putih yang tertulis “Kota Bandar Lampung” beserta logonya. Perekam video juga memperlihatkan nomor mobil crane tersebut.

Videoin aja. Ini nomor platnya BE 9950 AZ,” ujarnya.

Pengemudi mobil dan seorang rekannya terlihat enggan menanggapi si perekam video. Keduanya memilih menghentikan kegiatannya, dan pergi dari lokasi tersebut.

Diketahui, Wali Kota Bandar Lampung saat ini adalah Eva Dwiana yang merupakan istri dari Herman HN, Ketua DPW Nasdem Lampung. Herman merupakan mantan Walikota Bandar Lampung dua periode, yakni 2010-2015 dan 2016-2021.*