Kebakaran Gudang Cat di Penjaringan, Ini Kronologinya

Kebakaran gudang cat di Penjaringan, Jakarta.| Ist
Kebakaran gudang cat di Penjaringan, Jakarta.| Ist

FORUM KEADILANKebakaran melanda kantor peracik cat di Jalan Bandengan Utara Raya, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin, 8/5/2023, sekitar pukul 14.15 WIB.

Begini kronologinya. Kebakaran tersebut terjadi saat saksi mata S melihat asap tebal dari dalam plafon atas lantai dua bangunan sekitar pukul 14.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Melihat ada asap dari plafon lantai dua, seluruh karyawan pabrik di lantai dua langsung ke luar menyelamatkan diri. Sementara S yang bertahan di lantai dua tersebut berupaya memadamkan api dengan alat pemadam api ringan.

Namun, api semakin membesar karena material yang mudah terbakar sehingga S langsung menghubungi Sudin Gulkarmat Jakarta Utara untuk meminta bantuan.

Sebanyak 35 unit pemadam beserta 150 personel berjibaku memadamkan si jago merah di lokasi.

“Kami sudah mengerahkan sekitar 35 unit dengan jumlah personel sekitar 150 orang. Saat ini titik api sudah berhasil kami lokalisir,” kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan, Senin, 8/5.

Saat ini, lanjut dia, proses pemadaman api belum usai selama hampir tiga jam karena cat merupakan material kimia yang mudah terbakar.

Dia mengatakan, petugas juga sempat mengalami kesulitan mencari sumber air di sekitar lokasi. Namun, ketika sumber air ditemukan, petugas langsung sigap melokalisir titik api.

Dia juga memastikan saat berupaya menyelamatkan diri, di lantai atas bangunan sudah tidak terdapat karyawan.

Isi ruangan di lantai dua bangunan yang terbakar adalah berbagai peralatan kantor seperti komputer dan peralatan administrasi perkantoran.

Api diduga pertama muncul saat karyawan sedang beristirahat sekitar jam 12.00 – 13.00 WIB. Adapun jam kerja berlangsung dari 07.30 hingga 16.30 WIB.*