Kenali Tanda Kecanduan Media Sosial, Ini Cara Mengatasinya

Ilustrasi kecanduan medsos. | Pexels
Ilustrasi. | Pexels

FORUM KEADILAN – Diakui atau tidak media sosial paling sering kita gunakan atau buka sebagai orang yang berada di era perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini. Media sosial membuat hidup lebih mudah bagi banyak orang. Dari berkomunikasi dengan keluarga atau teman di seluruh dunia hingga rekan binis. Bukan itu saja, kamu juga bisa mendapatkan informasi dan hiburan yang kamu butuhkan melalui media sosial.

Namun, kamu perlu waspada jika merasa tak bisa menjauh dari media sosial, apalagi merasa cemas saat tidak memiliki akses ke media sosial. Ini bisa menjadi tanda bahwa kamu kecanduan media sosial. Lantas apa saja tanda-tanda kamu kecanduan media sosial dan cara mengatasinya agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Tanda Kecanduan Media Sosial

Berikut ini ada beberapa tanda bahwa kamu mengalami kecanduan media sosial, yaitu:

  1. Tak ada internet, hidup jadi sengsara

Terkadang hal buruk bisa terjadi, misalnya dalam situasi tidak ada koneksi internet/wifi. Perasaan cemas dan gelisah akan muncul karena tidak bisa mencari tahu status dan aktivitas apa yang dilakukan teman-teman maupun keluarga.

  1. Bangun tidur, cek media sosial

Setiap orang yang sedang mengalami kecanduan media sosial memulai aktivitas sehari-harinya dengan membuka ponsel untuk melihat apa saja yang terlewatkan di Instagram, Facebook, Twitter selama tidur dimalam hari. Ponsel juga merupakan hal terakhir yang kamu matikan sebelum tidur. Bahkan, mengganggu jam tidur kamu karena masih kecanduan membuka media sosial.

  1. Online di mana pun dan kapan pun

Tanda kecanduan media sosial lain yang perlu diwaspadai adalah selalu online kapan saja dan di mana saja. Tak hanya sedang berlibur, tetapi juga saat menyeberang jalan atau bahkan di toilet selalu terhubung dengan media sosial. Kamu tidak pernah bosan memegang ponsel di tangan sepanjang hari hanya untuk scroll timeline dan menonton video viral tanpa akhir atau melihat ratusan foto liburan teman-teman maupun idola. Apa pun yang kamu lakukan, jika ingin bermain media sosial, kamu akan mencari cara dan tempat untuk bermain media sosial.

Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Untuk menghindari kecanduan media sosial, kamu perlu menggunakan media sosial dengan bijak. Jika kamu sudah merasa kecanduan media sosial, maka pertimbangkan untuk membatasi penggunaan media sosial. Berikut adalah beberapa cara menggunakan media sosial dengan cara yang lebih sehat:

  1. Hapus aplikasi media sosial yang membuat kecanduan dari ponsel atau tablet. Meskipun kamu dapat menggunakannya di PC atau laptop, hal ini membutuhkan lebih banyak usaha.
  2. Matikan ponsel saat bekerja, sekolah, makan malam, atau waktu bersama keluarga. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan pengaturan masing-masing media sosial untuk mematikan notifikasi tertentu yang biasanya membuat kamu terpancing untuk membukanya.
  3. Cobalah untuk mengatur jadwal membuka media sosial. Luangkan waktu dan atur pengatur waktu untuk membatasi berapa banyak waktu yang dapat kamu habiskan untuk media sosial.
  4. Letakkan ponsel atau tablet di luar kamar. Tujuannya, agar kamu tidak terpancing untuk membuka media sosial sebelum tidur.
  5. Lakukan aktivitas yang tidak melibatkan penggunaan ponsel, seperti berolahraga, pergi ke perpustakaan, kelas memasak, atau jalan-jalan bersama teman dan keluarga.
  6. Jika cara-cara sebelumnya tidak efektif mengatasi kecanduan media sosial, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.* (M-2)