Liga Italia: Napoli di Ambang Scudetto!

Napoli berpotensi untuk mengunci gelar Scudetto malam ini (30/4) saat menghadapi Salernitana pada pekan ke-32 Liga Italia Serie A di Stadion Diego Armando Maradona | Photo by Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images)

FORUM KEADILAN – Tim biru langit Napoli berada di ambang ScudettoSquad asuhan Luciano Spalletti memiliki kans besar untuk mengunci gelar juara pada gelaran Liga Italia Serie A di pekan ke-32 malam ini menghadapi Salernitana.

Napoli bisa dipastikan menjadi kampiun dengan syarat mutlak meraih poin penuh alias kemenangan atas Salernitana, sementara tim peringkat dua Lazio harus kalah dari lawannya Inter Milan.

Bacaan Lainnya

Kemungkinan skenario ini terjadi semakin besar karena Napoli akan bermain di depan publik sendiri, sedangkan Lazio harus bermain tandang ke Giuseppe Meazza.

Jikalau hitung-hitungan ini pun urung terwujud dalam pekan ini, rasanya titel Giovanni Di Lorenzo cs sebagai jawara Serie A hanya tinggal menunggu waktu. Pasalnya, selisih poin antar kedua tim sudah sangat jauh sebesar 17 angka, dimana Liga Italia tinggal menyisakan enam matchday.

Secara matematis, Lazio memang masih dapat menyalip Napoli di pekan terakhir jika menyapu bersih sisa laga dengan kemenangan. Tapi di sisi lain, Azzurri juga harus terus kalah sampai partai penutup. Skenario yang dirasa hampir mustahil.

Jadi bukan tanpa alasan publik Naples siap menggelar pesta malam ini menyambut gelar ketiga Il Partenopei selama berkancah di Serie A.

Terlebih, dahaga akan juara sudah terlampau lama mereka rasakan. Kali terakhir klub Italia Selatan ini menjadi kampiun Serie A terjadi lebih dari tiga dasawarsa yang lalu ketika mereka masih diperkuat sang legenda yang juga sekaligus dewa sepak bola Diego Armando Maradona.

Di era Maradona, Napoli merengkuh kedigdayaan dengan meraih dua kali titel pada musim 1986/1987 dan 1989/1990. Kala itu, Maradona yang berperan sangat vital sebagai dirijen permainan, sukses membawa Napoli dari yang sebelumnya “hanya” tim kuda hitam menjadi kekuatan baru di Italia, bahkan dunia.

Atas pencapaiannya, sampai-sampai Maradona dianggap santo atau orang suci bagi publik Naples dan namanya diabadikan sebagai nama stadion markas tim kesayangan mereka.

Akankah era El Dios akan kembali terulang? Turun dengan kekuatan terbaiknya, Victor Osimhen dkk rasanya akan mengembalikan kejayaan Napoli dengan menyegel gelar malam ini.