OFFICIAL: Frank Lampard Kembali Ditunjuk Tangani Chelsea

Frank Lampard kembali ditunjuk untuk menangani Chelsea untuk yang kedua kalinya sebagai pelatih sementara | (Photo by Darren Walsh/Chelsea FC via Getty Images)

FORUM KEADILAN Gonjang ganjing mengenai siapa orang yang akan menangani Chelsea pasca terdepaknya Graham Potter terjawab sudah.

Legenda hidup Chelsea, Frank Lampard, resmi ditunjuk kembali untuk menakhodai The Blues dengan kontrak short time period sampai akhir musim ini. Lampard akan berperan sebagai caretaker atau pelatih sementara.

Bacaan Lainnya

Ia akan menggantikan Bruno Saltor yang sebelumnya didapuk sebagai manajer interim, sesaat setelah pemecatan Potter. Saltor sempat memimpin Chelsea dalam satu laga kala ditahan imbang 0-0 oleh Liverpool di Stamford Bridge, Selasa (4/4).

Eks gelandang Chelsea dan Timnas Inggris itu sebelumnya pernah menangani The Blues dari Juli 2019 hingga Januari 2021, sebelum digantikan oleh Thomas Tuchel.

Keputusan menunjuk Lampard untuk kembali ke klub London Barat tersebut setelah lebih dari dua tahun lalu juga dipecat oleh Chelsea, sejauh ini didukung oleh para fans walau dinilai kurang tepat.

Pasalnya, Lampard saat ini berstatus sebagai pengangguran pasca dicopot dari jabatannya sebagai manajer Everton Januari lalu. Performa Everton ditangan Lampard terbilang buruk karena Seamus Coleman dkk dibawanya ke jurang degradasi.

Chelsea yang saat ini berada di peringkat ke-11 klasemen Liga Inggris berselisih 14 angka dari posisi empat besar, meski telah menghabiskan hampir 600 juta euro dalam bursa transfer.

Dalam periode manajerial sebelumnya di klub, Lampard membimbing Chelsea ke final Piala FA di musim pertamanya sebagai manajer, setelah bergabung dari Derby County.

Lampard – yang juga pencetak gol terbanyak The Blues sepanjang masa – memimpin mereka meraih 44 kemenangan dari 84 pertandingan, tetapi mencatatkan lima kekalahan dalam delapan pertandingan liga terakhirnya, sama banyaknya dengan 23 pertandingan sebelumnya.

Ujian pertama Lampard akan terjadi akhir pekan ini ketika Chelsea melakukan lawatan ke Wolves dalam lanjutan Liga Premier pada hari Sabtu dan menghadapi Real Madrid di leg pertama perempat final Liga Champions pada 12 April.

Sementara pembicaraan dengan calon manajer Luis Enrique, Julian Nagelsmann, dan juga kandidat lainnya akan tetap dilanjutkan untuk proyek jangka panjang Chelsea kedepannya.

Selamat bekerja, Super Frank!