Ganjar Tolak Timnas Israel Main di Piala Dunia U-20 Indonesia, Begini Alasannya

Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Ganjar Pranowo | Ist
Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Ganjar Pranowo | Ist

FORUM KEADILAN – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak timnas Israel bertanding pada Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Penolakan tersebut, kata Ganjar, sebagai wujud komitmen bersama mendukung kemerdekaan negara Palestina sesuai amanat Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Kita ikut amanat beliau,” kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 23/3/2023.

Ganjar mengaku mengamati aksi-aksi kekerasan yang cenderung meningkat di Palestina.

Dia juga mencermati kemunculan kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka.

“Penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kepada perjuangan Palestina merdeka,” kata Ganjar.

Ganjar meminta panitia dan pihak terkait bersama-sama menyiapkan langkah terobosan agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia berjalan tanpa kehadiran timnas Israel.

Menurut Ganjar, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tetap bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka, serta tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” ujarnya.

Pertandingan Piala Dunia U-20 2023 digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni. Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.*