Inilah Alasan Reservasi Laga Persija vs Persib di SUGBK Ditolak

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) | gbk.id

FORUM KEADILAN – Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek GBK (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo ungkap alasan pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung tidak bisa digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Hal ini lantaran reservasi untuk laga tersebut datang belakangan.

Bacaan Lainnya

“Jadi kegiatan di GBK itu ada sistem e-booking, ada reservasi. Kami mengutamakan juga orang-orang atau event yang sudah memiliki jadwal yang matang dan pasti,” ungkap Rakhmadi di Kemensetneg pada Jumat, 3/3/2023.

Lebih lanjut, Rakhmadi menurutkan bahwa GBK lebih dulu disewa untuk kegiatan lainnya.

“Dan kami sudah tertutup untuk kegiatan lainnya dan pastinya kalau dipaksakan, aspek-aspek sekuriti, aspek-aspek keamanan juga tidak prima. Oleh karenanya, kami juga bersama kepolisian, baik dari Polda, dalam asesmen tidak baik kalau kita paksakan sehingga kami sudah tolak untuk kegiatan Persija Persib,” ungkapnya.

Rakhmadi juga menjelaskan perihal penggunaan GBK untuk Piala Dunia U-20.

Ia menyebut menurut jadwal FIFA, stadion akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 pada Mei 2023 mendatang.

“Mungkin setelah (Piala Dunia) U-20, kita bisa adakan kembali untuk kegiatan olahraga bola,” ujarnya.

Diketahui, SUGBK tidak bisa digunakan untuk menggelar pertandingan laga Persija melawan Persib karena telah dipesan oleh penyelenggara konser musik grup asal Korea Selatan, Blackpink.

Pihak penyelenggara bahkan disebut sudah membangun panggung.

“Dari pihak Stadion Utama GBK Senayan Jakpus (menyampaikan) karena sudah di-booking oleh panitia penyelenggara pertunjukan musik Korea Blackpink dan mereka sudah mulai membangun panggung,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (1/3/2023).

Imbasnya, pertandingan Persija melawan Persib yang sedianya dijadwalkan pada Sabtu, 4/3 sekitar pukul 15.00 WIB harus ditunda.*