Sentil Pejabat yang Sering Pamer Harta, Jokowi: Sangat Tidak Pantas

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. | Dok Sek

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beri tanggapan terkait pejabat yang kerap pamer kekayaan di media sosial.

Kepala negara tersebut langsung memberikan arahan kepada para menterinya untuk menertibkan pejabat yang hedon.

Bacaan Lainnya

“Saya minta kepada seluruh menteri dan kepala lembaga untuk mendisiplinkan para di bawahnya, beritahu yang tidak boleh dan apa yang boleh dilakukan,” ujar Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 2/3/2023.

Jokowi menyebut hal tersebut juga berlaku di instansi penegak hukum.

“Di Polri maupun di Kejaksanaan Agung dan aparat hukum lainnya. Benahi dulu di dalam kemudian selesaikan dan bersihkan kementerian atau lembaga lainnya,” ujar Jokowi.

Jokowi meminta para pejabat tak lagi pamer kekayaan lantaran merupakan hal yang tak pantas dilakukan.

“Sekali lagi saya ingin tekankan, supaya ditekankan kepada bawahan kita, jangan pamer kekuasaan, jangan pamer kekayaan, apalagi sampai dipajang-pajang di IG, di media sosial itu kalau birokrasi sangat tidak pantas,” ujar Jokowi.

Diketahui, kini pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo dan Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto tengah menjadi sorotan warganet.

Harta Rafael Alun Trisambodo ditaksir mencapai Rp 56,1 miliar terungkap usai putranya, Mario Dandy Satrio, menjadi tersangka kasus penganiayaan.

Perilaku Mario yang kerap memamerkan kendaraan mewah pun membuat warganet curiga.

Begitu pula yang terjadi pada Eko Darmanto.

Ia kerap memamerkan kehidupan mewahnya di akun Instagram pribadinya.

Bahkan Eko juga disebut-sebut memiliki pesawat jenis Cessna.*