Hadiri Rakornas PAN, Jokowi Ingatkan Partai Jangan Salah Pilih Koalisi

Presiden Joko Widodo memberi sambutan dalam Rakernas PAN di Semarang, Minggu, 26/2/2023. | Tangkapan layer YouTube PAN
Presiden Joko Widodo memberi sambutan dalam Rakernas PAN di Semarang, Minggu, 26/2/2023. | Tangkapan layer YouTube PAN

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (PresJokowi) mengingatkan agar partai jangan salah memilih koalisi.

Jokowi mengatakan hal itu dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional (PAN) di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 26/2/2023.

Bacaan Lainnya

“Kerja sama dan berkoalisi harus memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa, bukan untuk memecah belah,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube PAN TV, Minggu, 26/2.

“Kerja sama itu penting. Koalisi itu penting. Jangan salah memilih koalisi. Yang paling penting perkuat kerja sama kebangsaan kita sehingga persatuan kita tetap terjaga dan kesatuan kita tetap terjaga,” ujarnya.

Kali ini Jokowi mengaku enggan mengabsen nama calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) yang hadir dan bakal diusung pada kontestasi politik tahun 2024.

Padahal, kata Jokowi, ia biasanya kerap mengabsen capres dan cawapres.

“Biasanya awal-awal sambutan seperti ini, di semua partai saya absen capres cawapres. Tapi pagi hari ini saya tidak akan mengabsen capres dan cawapres. Karena calonnya yang hadir sedikit. Enggak usah diabsen semua udah tahu siapa,” ujar Jokowi berseloroh.

PAN saat ini menjalin koalisi dengan Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Namun, ketiganya belum menentukan capres atau cawapres yang bakal resmi diusungnya pada tahun 2024. Hanya saja, ada sejumlah nama yang direkomendasikan sebagai capres maupun cawapres di internal PAN. Dua nama di antaranya hadir dalam Rakornas, yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain KIB, koalisi yang sudah resmi terbentuk adalah koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lalu, bakal Koalisi Perubahan yang diinisiasi Partai Nasdem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua Panitia Rakornas PAN Athari Gauthi menyebutkan Rakornas PAN diadakan di Hotel Padma Semarang dihadiri sebanyak 1.418 kader PAN, 66 kepala daerah, dan turut mengundang Wali Kota dan Bupati di Jawa Tengah.*