Menag Yaqut Dukung Pembangunan Perguruan Tinggi NU di IKN

Menag menerima audiensi pengurus LPTNU di kantornya, Jumat, 24/2/2023. | Kemenag
Menag menerima audiensi pengurus LPTNU di kantornya, Jumat, 24/2/2023. | Kemenag

FORUM KEADILAN – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mendukung rencana pembangunan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) di Ibu Kota Negara (IKN).

Hal itu disampaikan Yaqut saat audiensi dengan pengurus Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) di Kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng Barat No3-4 Jakarta, Jumat, 24/2/2023.

Bacaan Lainnya

“Kemenag mendukung rencana pembangunan kampus Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) di Ibu Kota Negara (IKN). Ini langkah yang tepat dan PTNU akan menjadi perguruan tinggi pertama yang akan hadir di Ibu Kota Negara,” kata Menag, dilansir dari Kemenag.go.id.

“Kemenag siap berkolaborasi dengan Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dalam rencana pembangunan kampus PTNU,” sambung Menag.

Adapun pengurus LPTNU sekaligus Panitia Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPT-PBNU) yang hadir dalam audisensi yakni Prof Dr Dede Rosyada, Dr Rizkon Halalsyah Aji, Dr A Luthfi Hamidi, Ruchman Basori serta Rektor UniversitasTerbuka.

Sementara itu, hadir mendampingi Menag, Staf Khusus Wibowo Prasetyo, Abdul Rochman dan Sesmen Sidik Sisdiyanto.

Selain membahas pembangunan kampus PTNU di IKN, dalam pertemuan tersebut juga dibahas rencana Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPT-PBNU) pada 8 Maret 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara.

Sekretaris Panitia Rekanernas LPT-PBNU Rizkon Halalsyah mengatakan, Rakernas nanti akan mengusung tema Merawat Jagat, Membangun Peradaban dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

“Dalam Rakernas akan dibahas beberapa agenda di antaranya kurikulum Ahlussunnah wal Jamaah dan moderasi neragama, tata kelola perguruan tinggi, fokus riset dan pengembangan teknologi, serta perluasan jaringan nasional dan global,” ujar Rizkon.

Pada Rakernas tersebut, lanjut Rizkon, Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma’ruf Amin direncanakan hadir dalam acara pembukaan.

“Audiensi ini sekaligus mengundang Bapak Menteri Agama untuk berkenan hadir sebagai pembicara seminar nasional bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf,” ungkap Rizkon Halalsyah.*