Surat Presiden FIFA: Erick Thohir Bisa Kembangkan Sepak Bola Indonesia

Erick Thohir usai Kongres Luar Biasa PSSI
Erick Thohir usai Kongres Luar Biasa PSSI | Forum/Mohammad Arfan Fauzi

FORUM KEADILAN – Presiden FIFA Gianni Infantino mengirimkan surat kepada Erick Thohir, yang resmi menjadi ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Dalam suratnya, Gianni Infantino mengucapkan selamat kepada Erick Thohir.

Bacaan Lainnya

“Mohon terima salam hangat saya dan ucapan selamat yang tulus atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI),” tulis Gianni Infantino dalam surat resmi FIFA kepada Erick Thohir, tertanggal 18 Februari 2023.

Gianni Infantino menulis, pengetahuan, gaya kepemimpinan, semangat, dan pengalaman yang dimiliki Erick Thohir akan berdampak penting pada perkembangan sepak bola Indonesia.

“Anda dapat mengandalkan dukungan pribadi saya dan bantuan FIFA untuk mencapai tujuan ini,” tulis Gianni Infantino.

Gianni Infantino juga menulis, pintu rumah FIFA akan selalu terbuka jika Erick Thohir ingin berdiskusi.

“Pintu rumah FIFA selalu terbuka apabila Anda ingin mendiskusikan olahraga kami, perkembangannya, dan promosi nilai-nilainya,” lanjut Gianni Infantino.

Gianni Infantino turut mengucapkan selamat kepada wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI terpilih. Dia berharap Erick Thohir beserta jajarannya bisa melewati setiap rintangan yang ada di depan mata.

“Saya berharap Anda bersama tim beruntung dan sukses dalam menghadapi semua tantangan yang terbentang di depan, dalam menciptakan warisan abadi untuk masa depan sepak bola di Indonesia,” tutup Gianni Infantino.

Menteri BUMN Erick Thohir terpilih sebagai ketum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

Erick Thohir menang voting atas pesaing-pesaingnya, seperti La Nyala Mahmud Mattalitti, Doni Setiabudi dan Arif Wicaksono.

Kongres PSSI melibatkan 86 voters yang terdiri dari perwakilan klub dan Asosiasi Provinsi (Asprov).

Dalam hasil voting, Erick Thohir menang telak dengan mendapat 64 suara, sementara pesaing terberatnya, La Nyala Mahmud Mattalitti mendapat 22 suara saja.

Erick Thohir terpilih menjadi ketum PSSI bersama dua wakil, yakni Zainudin Amali (waketum 1) dan Ratu Tisha Destria (waketum 2).

Selain itu, terdapat 12 anggota Exco yang terpilih dalam KLB, sebagai berikut:

  1. Eko Setiawan
  2. Endri Erawan
  3. Juni Rahman
  4. Muhammad
  5. Rudi Yulianto
  6. Sumardji
  7. Vivin Cahyani
  8. Pieter Tanuri
  9. Arya Mahendra
  10. Khairul Anwar
  11. Ahmad Riyadh
  12. Hasnuryadi.*