Waspada! BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem di 19 Provinsi Sepekan ke Depan

Cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem. | Ist

FORUM KEADILAN – Tiga Bibit Siklon Tropis diprakirakan bakal mengakibatkan cuaca ekstrem di 19 provinsi sepekan ke depan atau hingga 12 Februari 2023. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lantas mengeluarkan peringatan dini potensi bencana akibat fenomena alam tersebut.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, tiga bibit sikon tersebut adalah pertama Bibit Siklon Tropis 94S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot, dan tekanan udara minimum 1000.2 mb. Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori sedang.

Bacaan Lainnya

Kedua, bibit Siklon Tropis 97S yang terpantau berada di Samudra Hindia Selatan NTB dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1002.8 mb. Sistem ini bergerak ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori Rendah.

Ketiga, bibit Siklon Tropis 95S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah Selatan Banten dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1004.2 mb. Sistem ini bergerak ke arah Barat dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori rendah.

Dwikorita menjelaskan, kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis.

Sementara itu, Deputi Meteorologi Guswanto mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk siap-siaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem akibat kemunculan tiga bibit siklon tropis ini dengan memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Pemerintah juga diminta melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

“Melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang. Khusus yang berada di wilayah lereng pegunungan dan bukit waspadai tanah longsor, dan yang berada di daerah aliran sungai waspada banjir bandang,” ucapnya.

Berikut 19 Provinsi yang berpotensi cuaca ekstrem hujan lebat hingga 12 Februari 2023 mendatang:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Banten
  4. Jawa Barat
  5. Jawa Tengah
  6. Jawa Timur
  7. Bali
  8. Nusa Tenggara Barat
  9. Nusa Tenggara Timur
  10. Kalimantan Tengah
  11. Kalimantan Timur
  12. Sulawesi Utara
  13. Sulawesi Tengah
  14. Sulawesi Selatan
  15. Sulawesi Tenggara
  16. Maluku Utara
  17. Maluku
  18. Papua Barat
  19. Papua*