4 Anggota TNI-Polri Hilang Setelah Jembatan di Papua Pegunungan Putus

Jembatan putus di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan
Jembatan putus di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. | Ist

FORUM KEADILAN – Tiga anggota Polri dan satu prajurit TNI di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan terjatuh ke sungai gegara tali jembatan gantung yang dilewatinya terputus. Keempatnya kini masih dalam pencarian usai dilaporkan hanyut di sungai.

Insiden itu terjadi di Sungai Digoel, Distrik Iwur, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu, 28/1/2023, sekitar pukul 11.20 WIT.

Bacaan Lainnya

“Benar ada 3 anggota Polri dan 1 anggota TNI hanyut di Sungai Digoel. Saat ini kami tengah melakukan pencarian,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, Sabtu, 28/1/2023.

Ketiga korban di antaranya merupakan anggota Polres Pegunungan Bintang, yakni Briptu Yohanes Matius, Bripda Risman Rahman, dan Bripda Stevan Randongkir. Sementara satu korban lainnya merupakan Satgas Pamwiltasrat RI-PNG Yonif 143/TWEJ bernama Pratu Ferdian.

Benny menjelaskan, awalnya rombongan Dansatgas Pamwiltasrat RI-PNG Yonif 143/TWEJ hendak melakukan kunjungan kerja ke Pos Satgas Yonif 143/TWEJ. Sementara rombongan Polres Pegunungan Bintang juga hendak melakukan pengecekan ke Pos Pol Iwur.

“Kendaraan rombongan hanya sampai di ujung jalan. Selanjutnya personel berjalan kaki melewati jembatan tali. Saat di tengah jembatan tiba-tiba tali jembatan putus,” terangnya.

Benny menambahkan kondisi tali jembatan yang dilalui sudah tidak layak. Tali jembatan putus diduga karena kelebihan kapasitas hingga keempat korban terjatuh.

“Empat anggota TNI-Polri yang hilang belum ditemukan, diduga hanyut terbawa arus sungai. Sampai dengan saat ini masih dilakukan pencarian oleh aparat TNI-Polri terhadap korban di lokasi kejadian,” ujarnya.*