Miss Universe 2022 Dimenangkan Miss USA R’Bonney Gabriel

Miss Universe 2022 dimenangkan oleh Miss USA R'Bonney Gabriel. | Ist

FORUM KEADILAN – Miss Universe 2022 dimenangkan oleh Miss USA R’Bonney Gabriel. Ia telah dinobatkan menjadi ratu kecantikan dalam malam puncak yang digelar di New Orleans Morial Convention Center di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, Sabtu malam, 14/1/2023 waktu setempat atau Minggu, 15/1/2023 WIB.

Runner up pertama diraih Amanda Dudamel dari Venezuela dan runner up kedua dinobatkan kepada Andreina Martinez dari Republik Dominika.

Pada babak Top 3, ketiga kandidat mendapatkan pertanyaan final yang menentukan hasil akhir mereka.

Ketiganya ditanya apa rencana yang akan mereka lakukan sebagai Miss Universe sebagai upaya pemberdayaan perempuan yang progresif.

Sang pemenang, R’Bonney Gabriel mengatakan ia mengaplikasikan pekerjaannya sebagai perancang busana selama 13 tahun ke dalam tugas-tugas Miss Universe.

“Saya menggunakan fashion sebagai kekuatan untuk kebaikan, dalam industri saya, kami menurunkan polusi dengan menggunakan materi daur ulang, dan mengadvokasi para perempuan penyintas human trafficking, KDRT,” ujar Gabriel.

“Gunakan talenta unik kita untuk membuat perbedaan, kita semua punya hal yang spesial untuk membuat perbedaan. Kita punya hal yang spesial dan kita gunakan itu untuk orang lain dalam hidup kita, dan alat perubahan,” ujarnya.

Amanda Dudamel, perwakilan Venezuela berjanji akan meneruskan legasi yang telah dilakukan oleh para wanita di seluruh dunia.

“Miss Universe telah menunjukkan mereka memilih perempuan yang menginspirasi pesan mereka dan mentransformasikannya ke dalam aksi mereka,” ucap Miss Venezuela.

“Itulah yang ingin saya lakukan, saya punya profesi sebagai fashion designer, tapi sebagai perempuan saya adalah designer of dreams.” imbuhnya.

Lalu, Miss Dominian Republic menyatakan ia akan menjadi duta yang mewakilkan publik dalam menyampaikan pesan soal hak-hak para wanita. Hal tersebut berkaitan dengan pengalamannya yang telah dilakukan sejak lama.

“Saya terus lakukan setiap hari, dan saya akan sampaikan bahwa dari mana pun asal kalian, latar belakangmu tidak mendefinisikan dirimu, keberanianmu, dan tekadmu, dan saya akan menunjukkan hal itu setiap harinya,” kata Martínez.

Perwakilan dari Indonesia,  Laksmi De Neefe sebelumnya telah dinyatakan gugur sebelum masuk 16 besar. Wanita asal Bali tersebut telah sukses mengharumkan nama bangsa Indonesia untuk lebih dikenal di kancah mancanegara.*