Demi Pele, Brasil Berkabung Nasional Selama 3 Hari

Legenda sepakbola dunia asal Brasil Pele. | ist

FORUM KEADILAN – Negara Brasil selama tiga hari kedepan menjalani masa berkabung nasional demi Pele yang meninggal dunia dalam usia 82 tahun. Hal itu diumumkan oleh Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Kamis/29/12/2022 waktu setempat, atau Jumat, 30/12/2022.

Pengumuman itu disampaikan dalam sebuah dekrit yang diterbitkan dalam edisi tambahan surat kabar pemerintah dan ditandatangani oleh Presiden Jair Bolsonaro.

Bacaan Lainnya

Bolsonaro menyebut Pele adalah pemain yang dianggap oleh banyak orang sebagai yang terhebat sepanjang masa, dan sebagai orang yang membuat Brasil terkenal ke seluruh dunia.

“Pele mengubah sepak bola menjadi kebahagiaan dan seni,” tulis sang presiden dalam akun media sosialnya seperti dikutip AFP.

Keterangan dalam akun medsosnya ini menyertai foto mendiang legenda berpose dengan jersey yang dia tandatangani untuk Bolsonaro.

Legenda sepak bola Brasil, Pele, meninggal dunia di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo, pada Jumat, 30/12/2022, dini hari WIB.  “Sang raja telah meninggal,” demikian pernyataan agen Pele, Joe Fraga, dikutip dari ESPN.

Pihak keluarga juga mengonfirmasi kabar meninggalnya Pele melalui akun Twitter sang legenda. “Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele, yang meninggal dengan damai hari ini. Cinta, cinta, dan cinta selamanya.”

Sebelum meninggal dunia, Pele menjalani perawatan intensif di rumah sakit selama satu bulan terakhir untuk berjuang sembuh dari kanker usus yang dideritanya sejak 2021.

Pele yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu merupakan salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Ia diperkenalkan ke dunia pada usia 17 tahun di Piala Dunia 1958, menjadi pemain termuda sepanjang sejarah turnamen tersebut yang mentas di final dan tampil sebagai juara.

Pele pun mengukir rekor lainnya sebagai satu-satunya pesepak bola yang menjuarai tiga Piala Dunia, yakni pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Dia juga tercatat sebagai top skor atau pencetak gol terbanyak Brasil dengan torehan 77 gol dalam 92 pertandingan.*