Daftar Daerah Berpotensi Hujan Lebat Hingga Ekstrem 30 Desember 2022

Hujan lebat
Ilustrasi hujan lebat. | ist

FORUM KEADILAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan lebat hingga ekstrem berpotensi melanda beberapa wilayah Pulau Jawa pada Jumat, 30/12/2022.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, cuaca ekstrem di periode Tahun Baru 2023 ini masih disebabkan oleh dinamika atmosfer yang terjadi bersamaan. Dampaknya, ada peningkatan hujan di Indonesia bagian barat.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan pemodelan atmosfer akhirnya BMKG memprakirakan adanya potensi peningkatan curah hujan mulai tanggal 30-31 Desember di wilayah di Indonesia,” kata Dwikorita dalam jumpa pers virtual, Kamis, 29/12/2022.

Dwikorita bilang, indikasi hujan lebat hingga ekstrem dapat dilihat dari perbedaan warna peta. Warna pink berarti curah hujan dengan intensitas melampaui 150 milimter dalam waktu satu hari.

“Masuk ke Laut Jawa, masih pink dan masih akan terjadi hujan lebat angin kencang dan gelombang tinggi hingga banjir rob hingga Jawa Tengah bagian Utara,” kata Dwikorita.

Dwikorita menambahkan, warna pink juga ada di wilayah Jabodetabek untuk Jumat, 30/12/2022. Itulah yang perlu diwaspadai masyarakat kendati yang akan terjadi adalah hujan bukan badai.

“Prakiraan curah hujan untuk besok 30 Desember, Jabodetabek itu pink sama merah dan itu merata sehingga ini yang perlu diwaspadai namun ini hujan, bukan badai, intensitasnya bisa ekstrem,” tegasnya.

“Jadi untuk ekstrem bisa terjadi di Kabupaten Bekasi bagian utara. Kalau hujan dengan sangat lebat intensitasnya terjadi di Jakarta barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kota Bekasi. Ini nampaknya merata,” ujar Dwikorita.

“Hujan lebat berpotensi terjadi di 50-100 mm di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Depok dan Jakarta Pusat.

Berikut daftar lengkap daerah yang dilanda hujan lebat hingga ekstrem di beberapa wilayah Jawa, Jumat, 30/12/2022.

Potensi hujan lebat

– Banten bagian barat
– DKI Jakarta
– Jawa Barat bagian selatan
– Daerah Istimewa Yogyakarta
– Jawa Tengah bagian selatan
– Jawa Timur bagian selatan

Potensi hujan sangat lebat 100-150mm

– Banten bagian utara dan selatan
– DKI Jakarta bagian utara
– Jawa Timur bagian utara

Potensi hujan ekstrem lebih dari 150mm dalam 24 jam

– Jawa Barat bagian utara
– Jawa Tengah bagian utara

Demikian daftar daerah berpotensi hujan lebat, sangat lebat, hingga ekstrem. Semoga bermanfaat. *