Heru Budi Melayat ke Rumah Duka Budayawan Betawi Ridwan Saidi

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melayat ke rumah duka budayawan Betawi Ridwan Saidi di Jalan Merak II, Bintaro Sektor 1, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (25/12/2022) siang. | Ist

FORUM KEADILANPenjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melayat ke rumah duka Budayawan Betawi Ridwan Saidi di Jalan Merak II, Bintaro Sektor 1, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu, 25/12/2022, siang.

Heru tiba di rumah duka Ridwan sekitar pukul 14.05 WIB. Heru datang mengenakan mobil Toyota Innova berwarna hitam. Ia didampingi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali.

Bacaan Lainnya

Heru mengenakan baju koko berwarna putih putih dan peci serta celana berwarna hitam saat melayat. Setelah berjabat tangan dengan pelayat yang datang lebih awal, Heru masuk ke rumah duka. Tak lebih dari 30 menit, Heru kembali keluar dan meninggalkan rumah duka Ridwan Saidi.

Ridwan menghembuskan napas terakhir saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan, karena sakit yang diderita.

Ridwan lahir pada 2 Juli 1942 di Gang Arab Nomor 20, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Ridwan adalah anak keempat dari empat bersaudara dari pasangan Abdurrahim dan Muhaya, ketiga kakaknya adalah perempuan semua.

Ia menikahi Yahma Wisnani, seorang wanita Minang pada 1977. Pasangan ini dikaruniai lima orang anak, yakni Syarifah Jihan Marina, Syarif Razvi, Rifat Najmi, Ferhat Afkar, dan Shahin Maulana.

Ridwan memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 1976.

Semasa kuliah ia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan berhasil menjadi Ketua Umum PBHMI 1974-1976. Ridwan kemudian menjadi caleg PPP pada Pemilu 1977.  Ia pun terpilih sebagai anggota DPR dari PPP.

Ketika Ridwan sudah tidak aktif lagi dalam dunia perpolitikan nasional selepas menjabat anggota DPR pada 1987, ia memfokuskan diri mengamati masalah-masalah kebudayaan Betawi.

Mendiang Ridwan akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan jika jenazah Ridwan Saidi akan dikebumikan seusai Asar.

“Mungkin bakda ashar dimakamkan di Karet Bivak,” kata Muzani pada wartawan di rumah duka pada Minggu, 25/12/2022.

Muzani sendiri melayat ke rumah duka di Pesanggrahan. Ia tiba sekitar pukul 12.13 WIB. Setelahnya, ia masuk ke rumah dan memberi penghormatan jenazah.*