Polisi Tangkap 11 Terduga Pembakar 50 Kios di Pasar Deiyai Papua Tengah

Kebakaran di Pasar Wagete, Deiyai, Papua Tengah. (IST)

FORUM KEADILAN – Polisi menangkap 11 orang terduga pembakar 50 kios di Pasar Waghete, Kabupaten Deiyai, Papua Tengah. Namun, polisi belum menetapkan tersangka dalam aksi pembakaran itu.

Pembakaran kios itu terjadi di Pasar Waghete, Jl Waghete 1, Distrik Tigi, Deiyai pada Senin (12/12) pukul 11.00 WIT. Akibatnya, 50 kios dan 8 sepeda motor hangus terbakar.

“Polres Deiyai telah menangkap 11 orang terkait pembakaran kios di Pasar Waghete,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Selasa, 13/12/2022.

Kamal mengaku pihaknya masih mendalami keterlibatan 11 orang yang ditangkap terkait pembakaran kios tersebut. Polisi juga telah mengambil keterangan sejumlah saksi yang berada di lokasi saat kejadian.

Baca juga:

KPU Siapkan Sekretariat di 4 DOB Papua setelah Perppu Pemilu Terbit

PT Bandung Perberat Vonis Rahmat Effendi Jadi 12 Tahun Penjara

“Sampai saat ini mereka yang ditangkap statusnya masih dimintai keterangan. Belum ada yang ditetapkan tersangka,” katanya.

Kamal menuturkan aksi pembakaran tersebut mengakibatkan 4 orang korban luka, satu di antaranya anggota TNI. Para korban lalu dibawa ke Rumah Sakit Daerah Nabire untuk mendapatkan perawatan.

“Harapan kami kepada para korban agar cepat pulih dan mendapatkan perawatan terbaik oleh tim medis sehingga dapat kembali beraktivitas seperti sediakala,” ucapnya.

Bupati Deiyai menggelar pertemuan bersama tokoh masyarakat dan pihak kepolisian setelah kejadian itu. Bupati Deiyai berpesan agar para pelaku diproses secara hukum.

“Bupati Deiyai berpesan jika dari 11 orang yang ditangkap terbukti bersalah, maka akan dilakukan proses hukum. Namun, jika tidak ada ditemukannya keterlibatan atas kasus tersebut, mereka akan kami kembalikan ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Penyebab 50 Kios Terbakar

Kombes Kamal mengatakan 50 kios hangus terbakar di Pasar Waghete karena dibakar sekelompok warga. Aksi tersebut dipicu keributan antara pembeli baju dengan penjual di salah satu kios.

“Jadi benar bahwa kejadian itu akibat dibakar oleh sekelompok warga,” ungkap Kamal kepada wartawan, Senin, 12/12/2022.

Pembakaran itu terjadi di Pasar Waghete, Jl Waghete 1, Distrik Tigi, Deiyai pada Senin (12/12) pukul 11.00 WIT. Awalnya, pembeli komplain ke penjual karena baju yang dia coba membuatnya gatal.

“Dari keributan itu datang sekelompok warga dan melakukan pembakaran kios baju tersebut. Lalu api merembet ke kios-kios lainnya di mana kios tersebut terbuat dari kayu, papan yang mudah terbakar,” ujarnya.*