Akbar Faizal Kritik Pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier

Mantan anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Akbar Faizal. (IST)
Mantan anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Akbar Faizal. (IST)

FORUM KEADILAN – Mantan anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Akbar Faizal mengkritik pemberian pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler Angkatan Darat kepada pesohor Deddy Corbuzier.

Akbar menganggap pangkat Letkol Tituler yang diberikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Deddy itu candaan yang berlebihan. Akbar menulis laman Twitter pribadinya, Jumat, 9/12/2022, sembari menceritakan bagaimana perjuangan ayahnya yang seorang veteran operasi militer di Irian Barat (Trikora) dan Operasi Seroja di Timor-Timur.

Bacaan Lainnya

Saat ditugaskan di Operasi Trikora di Irian, ayahnya terkena peluru musuh hingga membuat lengannya bengkok. Pun dengan Operasi Seroja, ayahnya menerima tanda kehormatan Bintang Seroja.

“Hingga wafat berpangkat Sertu. Kami bangga padanya. Dan, seorang pesohor tiba-tiba dapat pangkat Letkol dari Menhan Prabowo, panglima TNI & Kasad. Negeri suka-suka,” tulisnya.

Baca juga:

PBB Diminta Hormati KUHP Baru sebagai Yurisdiksi Domestik

Biaya Bangun Rumah Tahan Gempa di Cianjur Rp150 Juta per Unit

Akbar mengkritik pangkat Letkol yang diberikan kepada Deddy Corbuzier untuk menjaga psikologis pasukan TNI di perbatasan-perbatasan negeri yang sepi, minimnya rumah TNI yang layak, purnawirawan TNI yang kesulitan bertahan hidup hingga tidak adilnya perlakuan negara pada satu institusi dengan institusi lain.

“Itu alasan kenapa pangkat ‘Letkol Titular’ itu saya anggap canda yang berlebihan,” ungkapnya

Sebelumnya, Deddy Corbuzier dalam akun Instagramnya mengaku diberi pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan Prabowo Subianto.

Dia mengatakan pangkat tersebut disahkan juga oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Deddy mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar TNI dan Kementerian Pertahanan atas penghargaan dan kepercayaan tertinggi itu.

“Ini artinya mengawali perjalanan baru bagi saya untuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila. Mudah mudahan dengan hadirnya saya di Keluarga Besar TNI bisa lebih memberikan warna baru dan gagasan gagasan untuk rakyat, bangsa, dan negara,” kata Deddy.

Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pemberian pangkat Letnan Kolonel Tituler kepada selebritas Deddy Corbuzier (DC) karena kemampuannya dalam komunikasi di media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan.

“Deddy diberikan kepangkatan itu dengan pertimbangan kemampuan khusus yang dibutuhkan TNI, yakni kapasitas komunikasi di sosial media, kemampuan, dan ‘performance’ DC tersebut akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan dan sosialisasi tugas-tugas TNI dalam rangka menjaga pertahanan RI,” kata Dahnil di Jakarta, Sabtu, 10/12/2023.*