Kirab Kaesang-Erina, Tukang Becak Hingga Pengamen Dilibatkan

Kirab kaesang erina
Kirab tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di atas kereta kencana, menuju Pura Mangkunegaran. | ist

FORUM KEADILAN – Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono menjalani prosesi kirab saat menuju Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, tempat digelarnya tasyakuran pernikahan, pada Minggu, 11/12/2022. Kaesang dan Erina menggunakan pakaian dodot basahan adat Solo.

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dikemas dalam konsep adat Jawa dengan festival budaya.

Bacaan Lainnya

Gelaran ini melibatkan masyarakat Solo dan sekitarnya dari berbagai kalangan. Mulai dari tukang becak dan andong dilibatkan untuk mengantar tamu undangan. Selain itu, pengamen jalanan juga turut serta untuk memeriahkan acara.

Saat kirab pengantin, Kaesang dan Erina beserta keluarga dari kedua pihak menumpangi 10 kereta kencana dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Kaesang dan Erina tampak duduk di kereta kencana paling depan. Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana berada di kereta kencana terakhir bersama dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution.

Sementara di barisan paling depan kirab, berderet prajurit Keraton Kasunanan Surakarta sebanyak 81 orang. Selain itu, ada juga korps musik dan enam bregodo atau pasukan prajurit keraton, yakni Tamtomo, Prawiro Anom, Jayeng Astro, Sorogeni, Joyosuro, dan Doropati.

Masyarakat riuh menyambut kirab tersebut. Kaesang dan Erin menebar senyum seraya melambaikan tangan menyapa masyarakat yang antusias menanti kedatangan keduanya sejak pagi hari. Demikian halnya dengan Jokowi yang juga berkali-kali menangkupkan kedua tangannya seraya mengucapkan terima kasih kepada warga.

Masyarakat juga dihibur dengan adanya beragam panggung hiburan rakyat yang tersebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

Panggung hiburan rakyat tersebut menampilkan Karawitan Muda, Keroncong Sawunggaling, ANF Band, OK Latar Jembar, Romanz Pitoe, Pengamen Pecel Solo, Keroncong Muda Surakarta, Karawitan Sanggar Gedong Kuning, dan Keroncong de Java.

Setelah menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 1,7 kilometer, kirab pengantin tiba di gerbang Pura Mangkunegaran. Saat tiba, kirab pengantin disambut oleh 80 prajurit Mangkunegaran dan delapan pasang Putra-Putri Solo.

Kedua pengantin beserta keluarga kemudian turun dari kereta kencana dan berjalan kaki menuju Pura Mangkunegaran untuk selanjutnya mengikuti tasyakuran sesi pertama. Pada malam hari nanti juga akan digelar tasyakuran sesi kedua.

Acara tasyakuran ini dihadiri tamu undangan dari berbagai kalangan, mulai dari selebritas, pejabat negara, hingga politikus dan pengusaha kenamaan. *