Lensa AI, Aplikasi Ubah Foto yang Lagi Digandrungi Para Artis

Lensa AI
Artis Ayu Ting Ting menggunakan aplikasi Lensa AI mengubah fotonya versi digital. | instagram @ayutingting92

FORUM KEADILAN – Belakangan, artis Indonesia ramai-ramai mengunggah foto versi Avatar diri mereka di media sosial. Foto diubah menjadi layaknya lukisan menggunakan aplikasi teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Teknologi yang ramai digunakan warganet ini dikenal dengan sebutan Lensa AI, aplikasi pengeditan foto berbasis kecerdasan buatan yang dibuat oleh Prisma Labs.

Bacaan Lainnya

Aplikasi Lensa AI ini sejatinya sudah lama hadir, yaitu sejak 2018. Namun, pada November 2022, Prisma Labs merilis fitur baru yang disebut Magic Avatar. Fitur tersebut mampu menyulap foto potrait pengguna menjadi karya seni berbagai tema.

Lensa AI dapat membuat hampir 200 avatar unik dalam 10 variasi dan gaya yang berbeda. Mulai dari tema sci-fi hingga anime, aplikasi ini dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan dalam beberapa menit saja.

Menggunakan aplikasi ini, kita bisa membuat penampilan semakin menarik. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa menyulap foto kita menjadi sebuah gambaran. Foto bisa berupa ilustrasi, kartun, bahkan lukisan di kanvas.

Lensa AI dapat diunduh gratis di Play Store maupun App Store. Namun pengguna akan dikenakan biaya berlangganan dengan tarif bervariasi. Pertama, untuk 50 avatar unik dikenakan biaya Rp63.000; selanjutnya 100 avatar unik Rp94.000, 200 avatar unik Rp129.000. Kemudian, untuk langganan per tahun Rp838.000.

Penggunaan Aplikasi ini tidak disarankan memakai foto di keramaian, foto dari jarak jauh, muka terhalang oleh benda, dan hewan. Foto yang bervariasi akan membuahkan hasil maksimal.*