Arab Saudi Bikin Kapal Pesiar Terbesar Dunia, Fasilitasnya Bikin Melongo!

Pangeos, calon kapal pesiar terbesar dunia. | dok. Lazzarini Design

FORUM KEADILAN – Arab Saudi bakal membuat kapal pesiar terbesar di dunia. Ukuran dan fasilitas yang ada di kapal akan membuat melongo setiap yang melihatnya.

Arab Saudi menggandeng desainer asal Italia, Lazzarini untuk membuat terayacht.

Diberi nama Pangeos, yang berasa dari kata pangea atau benua, kapal pesiar ini akan jadi yang terbesar yang pernah ada di bumi. Superyacht dan gigayacht segera minder dengan kehadiran Pangeos.

Pangeos akan membutuhkan biaya yang juga super mahal, mencapai USD 8 miliar atau sekitar Rp 125.600.800.000.000.

Dengan biaya itu, kapal pesiar ini akan membentang sepanjang 550 meter dengan lebar 610 meter. Fasilitas nya akan ada hotel, pusat perbelanjaan, taman, pantai, pelabuhan untuk kapal dan pesawat kecil.

Nantinya, pengunjung bisa datang dari mana saja, mengingat kapal ini tak akan berhenti berlayar keliling dunia.

Pangeos, calon kapal pesiar terbesar dunia. | dok. Lazzarini Design

Menurut Lazzarini, Pangeos akan jadi ‘Kota Terapung’ yang pernah dibuat oleh manusia. Bentuknya pun sangat indah, penyu raksasa.

Dibagi menjadi blok-blok seperti kota, Pangeos akan memiliki alun-alun utama. Area cangkang atas akan di kelilingi oleh ruang taman yang menjadi tempat pendaratan pesawat.

Di bagian bawah kapal, tim desain juga menyertakan 30.000 sel, atau kompartemen kluster, dan memberikan solusi terapung yang tidak dapat tenggelam untuk ruang bawah tanah.

Kapal itu dibangun di Pelabuhan King Abdullah, 81 mil sebelah utara Kota Jeddah. Para desainer telah mengeruk bendungan melingkar untuk Pangeos.

Lazzarini berharap memulai proyek ini pada tahun 2033 dengan waktu pembangunan selama 8 tahun. Nantinya akan ada tiket masuk virtual melalui NFT sebesar USD 16 dan USD 169 untuk apartemen VIP. *