FORUM KEADILAN – PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. KA New Generation, hadir untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman. Kereta ini akan melayani penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyebutkan bahwa 12 kereta generasi pertama dan 60 kereta generasi kedua yang dimodifikasi dari Balai Yasa Manggarai KAI, yang akan siap dioperasikan. Selain itu, KAI juga akan menambahkan 249 kereta New Generation Stainless Steel yang akan hadir untuk memberikan kenyamanan maksimal selama periode liburan.
Selama masa operasional yang berlangsung pada tanggal 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI Group menyediakan kapasitas total 44.754.280 tempat duduk. Kapasitas ini mencakup 3.572.588 Penumpang KAI hingga 519.264 Penumpang Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC).
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi dalam periode liburan, KAI juga akan mengoperasikan 52 KA tambahan untuk perjalanan jarak menengah dan jarak jauh, serta menyediakan kapasitas hingga 491.976 penumpang untuk KA Komersial dan 14.600 penumpang untuk KA Lokal.
Secara keseluruhan, KAI Group akan mengoperasikan 40.782 perjalanan KA selama Nataru 2024/2025, yang meliputi:
- 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI
- 23.204 perjalanan KA oleh KAI Commuter
- 1.872 perjalanan KA oleh KAI Bandara
- 5.598 perjalanan LRT Jabodebek
- 1.772 perjalanan LRT Sumsel
- 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata
- 108 perjalanan KA Makassar-Parepare
- 864 perjalanan Whoosh oleh KCIC
Untuk mendukung operasional selama liburan, KAI telah menyiapkan 777 tenaga tambahan yang tersebar di berbagai bidang serta posko pengawasan yang melibatkan jajaran Komisaris, Direksi, dan manajemen KAI. EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, menegaskan bahwa keselamatan penumpang menjadi prioritas utama, dengan pendekatan budaya keselamatan yang kini semakin proaktif.
Sebagai layanan tambahan, KAI menghadirkan KA Java Priority melalui KAI Wisata. Layanan ini dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman, dengan rute yang melayani dari Stasiun Gambir menuju Yogyakarta. Berikut Jadwal keberangkatan nya:
- Kebangkitan dari Gambir pada pukul 12.45 WIB
- Kedatangan di Yogyakarta pada pukul 20.25 WIB
- Kebangkitan dari Yogyakarta pada pukul 23.40 WIB
- Kedatangan di Gambir pada pukul 07.10 WIB.
KA New Generation juga akan melayani beberapa rute baru dengan tanggal perubahan sarana sebagai berikut:
- Argo Merbabu (19F-20F)
o Rute: Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir (PP)
o Tanggal perubahan sarana: 10 Desember 2024 - Gaya Baru Malam Selatan (105)
o Rute: Surabaya Gubeng – Pasarsenen
o Tanggal perubahan sarana: 12 Desember 2024 - Gaya Baru Malam Selatan (106)
o Rute: Pasarsenen – Surabaya Gubeng
o Tanggal perubahan sarana: 13 Desember 2024 - Kamandaka (155-158, 157-156)
o Rute: Purwokerto – Semarang Tawang Bank Jateng (PP)
o Tanggal perubahan sarana: 15 Desember 2024 - Joglosemarkerto (159-160)
o Rute: Purwokerto – Tegal – Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan
o Tanggal perubahan sarana: 15 Desember 2024 - Joglosemarkerto (161-162-163)
o Rute: Solo Balapan – Semarang Tawang Bank Jateng – Tegal – Purwokerto – Solo Balapan – Semarang Poncol
o Tanggal perubahan sarana: 15 Desember 2024 - Kamandaka (165-164)
o Rute: Semarang Poncol – Tegal – Purwokerto
o Tanggal perubahan sarana: 15 Desember 2024 - Joglosemarkerto (167-166)
o Rute: Solo Balapan – Purwokerto – Tegal – Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan
o Tanggal perubahan sarana: 15 Desember 2024 - Banyubiru (208A-209A)
o Rute: Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan (PP)
o Tanggal perubahan sarana: 15 Desember 2024.
Untuk menikmati perjalanan dengan KA New Generation, KAI mengimbau untuk memesan tiket lebih awal melalui aplikasi KAI Access atau platform tiket resmi lainnya. Dengan cara ini, penumpang dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan terhindar dari risiko kehabisan tiket.
Libur Nataru 2024/2025 dipastikan akan menjadi pengalaman yang lebih berkesan dengan hadirnya KA New Generation. Dengan pelayanan yang semakin memadai, KAI siap menjadi pilihan utama masyarakat untuk perjalanan liburan masyarakat.*
Laporan Zahra Ainaiya