Bahlil Bantah Prabowo Tak Mau Pindah ke IKN, Sebut akan Upacara 17an di Sana

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. | Dok Sekretariat Kabinet
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. | Dok Sekretariat Kabinet

FORUM KEADILAN – Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut-sebut akan menghadiri langsung Upacara HUT Indonesia ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Ia mengatakan bahwa Bandara VVIP IKN akan segera rampung dan menjadi tempat mendarat para pejabat negara.

Bacaan Lainnya

“Pak Prabowo akan upacara 17 Agustus di IKN,” ucap Bahlil setelah memberi Kuliah Umum di IPDN Jatinangor, Kamis, 11/7/2024.

“IKN, kita akan upacara pada 17 Agustus di IKN. Sekarang airport (Bandara VVIP) akan jadi sebelum 17 Agustus, kita akan mendarat (di sana),” lanjutnya.

Jalan tol di IKN yang diklaim akan segera rampung seluruhnya. Bahlil mengatakan hanya sekitar 10 km lagi ruas jalan tol yang harus diselesaikan.

Jika memang belum rampun secara keseluruhan, Bahlil mengatakan tidak akan jadi masalah. Dirinya menyebut nantinya rombongan dapat keluar langsung menuju jalan utama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang sudah diaspal.

Kemudian, ia juga membantah terkait isu soal Prabowo yang ogah pindah ke IKN. Bahlil mengatakan, dirinya akan menunggu keputusan dari Prabowo.

“Kata siapa (Prabowo tak mau pindah ke IKN)? Jangan pakai kata, informasi yang gak benar,” tegasnya.

“Insyaallah kok Pak Prabowo (pindah ke IKN), akan kita lihat apa yang diputuskan,” tambahnya.

Diketahui, isu soal penolakan Prabowo terhadap IKN Nusantara ramai beberapa waktu belakangan ini. Terdapat sederet pemberitaan yang menarasikan isu itu, walaupun belum diketahui kebenarannya.

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabming Raya, Soedradjad Djiwandono yang juga sempat membuat pernyataan yang juga sangat menghebohkan.

Soedradjad mengatakan, pemerintahan Prabowo akan lebih mendahulukan program makan bergizi gratis ketimbang IKN.

Lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga turut buka suara terkait pernyataan TKN. Dirinya mengaku tak mau menerka-nerka mengenai soal prioritas program Prabowo.

“Saya tidak mau berandai-andai. Itu saya kira biarkan nanti setelah Pak Prabowo dilantik beliau akan ini (putuskan). Tapi makan bergizi itu menurut saya satu program yang sangat baik,” ujar Luhut usai menghadiri acara The Global Dialogue On Sustainable Ocean Development, di Sanur, Denpasar, Jumat, 5/7/2024.*