Kemenpora Lepas 29 Atlet Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI secara resmi melepas 29 atlet Indonesia untuk bertarung dalam Olimpiade Paris 2024 | Novia Suhari/Forum Keadilan
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI secara resmi melepas 29 atlet Indonesia untuk bertarung dalam Olimpiade Paris 2024 | Novia Suhari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI secara resmi melepas kontingen Indonesia untuk bertarung dalam Olimpiade Paris 2024.

Pada pengukuhan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo melepas sebanyak 29 atlet andalan dari 12 cabang olahraga (cabor).

Bacaan Lainnya

“Hari ini tadi telah dilakukan proses pengukuhan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, yang di mana kita akan menghantarkan total 12 cabang olahraga dan kontingennya total yang berangkat ada 86 orang,” katanya kepada wartawan di Auditorium Kemenpora RI, Jakarta Pusat, Rabu, 10/7/2024.

Olimpiade Paris ini juga menjadi ajang pertama yang menghadirkan enam cabor yang memiliki wasit berasal dari Indonesia.

Sebagai Menpora, Dito berharap Indonesia bisa memiliki peringkat dan perolehan medali yang lebih baik dari Olimpiade sebelumnya.

“Banyak cabor perdana yang ikut Olimpiade kita loloskan, dan peringkat serta perolehan dalam babak kualifikasi dan series sebelumnya ini sangat baik. Semoga ini bisa dijaga mentalitas dan konsistensinya agar nantinya di Olimpiade bisa membuahkan medali,” ujarnya.

Untuk target sendiri, Dito mengatakan Indonesia mengandalkan tiga cabor, di antaranya, Panjat Tebing, Angkat Besi, dan tentunya Badminton (Bulu Tangkis).

“Itu adalah cabor secara perhitungan memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan medali (emas),” ucapnya.

Sementara itu, untuk para kontingen Indonesia sendiri akan mulai berangkat pada Sabtu, 13/7.

“Kontingen besar akan berangkat mulai dari 13 Juli, dan terakhir yang berangkat adalah atlet Renang, di Senin, 22 Juli hanya dua orang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dito juga menegaskan bahwa semua atlet yang berangkat ke Olimpiade Paris 2024 sudah mendapatkan treatment yang sama.

“Tidak ada yang dispesialkan, kita melakukan komprehensif dari pelatnas, sampai ke mentalnya semua kita perhatikan, kita harap pada Olimpiade kali ini banyak kejutan juga prestasi yang sangat baik,” tandas Dito.*

Laporan Novia Suhari