KPU RI Pastikan Tahapan Pilkada 2024 Tidak Terganggu Usai Pergantian Ketua

Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin saat konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 4/7/2024 | YouTube KPU RI

FORUM KEADILAN – Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin memastikan bahwa tahapan Pilkada 2024 tidak akan terganggu setelah adanya pergantian ketua. Afif mengatakan, pihaknya akan terus melakukan konsolidasi internal.

“Kami pastikan tidak akan terganggu (tahapan Pilkada), kami akan lakukan percepatan langkah-langkah konsolidasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Afif di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 4/7/2024.

Bacaan Lainnya

Ia menyebut, pada saat ini jajarannya semakin fokus terhadap tahapan-tahapan Pilkada dan melakukan tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Afif mengatakan bahwa pada saat ini masih ada sebagian putusan MK terkait sengketa PHPU Pileg yang masih berjalan.

Di sisi lain, Afif juga kembali memastikan tahapan Pilkada tetap berjalan sesuai dengan jadwal dan pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan KPU provinsi dan kabupaten/kota terkait persiapan Pilkada.

“Kita akan menghadapi Pilkada serentak 2024, sehingga yang kita lakukan adalah kita ingin memastikan bahwa tidak ada tahapan apapun yang terganggu, tidak ada persiapan apapun yang terganggu dari sisi keorganisasian di KPU Republik Indonesia,” jelasnya.

“Kami akan segera melakukan percepatan konsolidasi untuk memastikan bahwa Pilkada 2024 akan berjalan sesuai dengan apa rencana dan tahapan yang sudah ada,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui, Mochammad Afifuddin secara resmi ditunjuk sebagai Plt Ketua KPU setelah jajaran Komisioner KPU menggelar rapat pleno tertutup dan pergantian ini dilakukan setelah DKPP memberhentikan tetap Hasyim Asy’ari sebagai Ketua KPU atas dugaan tindak asusila.*