Alex Marwata Terang-terangan Sebut Kepercayaan Publik ke KPK Menurun karena Satu Pimpinan

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 11/6/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 11/6/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata secara terang-terangan terkait kepercayaan publik yang menurun terhadap KPK.

Menurutnya, ada satu sosok pimpinan yang dari awal pemilihan Komisioner KPK jilid 5 telah mendapatkan penolakan dari masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Trust KPK saya melihat 5 tahun terakhir ini sejak pemilihan pimpinan KPK jilid 5 publik sudah menolak sosok tertentu,” katanya kepada awak media, Sabtu, 22/6/2024.

Namun, Alex masih enggan siapa sosok pimpinan KPK yang dimaksud. Ia mengatakan bahwa seharusnya masyarakat dapat melihat bahwa KPK bukanlah memilih satu pimpinan, tetapi ada empat Komisioner lainnya di komisi antikorupsi.

“Tidak ada dukungan hanya karena ada satu sosok, publik lupa masih ada sosok pimpinan yang lain. Bahwa KPK itu bukan milik pimpinan,” lanjutnya.

Alex mengingatkan kepada publik kalau pimpinan KPK tak selalu benar dan mengibaratkan bahwa pimpinan bukanlah malaikat. Ia menilai, Komisioner KPK pada periode terbaru nantinya juga tak akan maksimal bila tak didukung seluruh pegawai KPK yang berintegritas.

“Pimpinan bukan malaikat. Sosok-sosok yang nanti terpilih tanpa didukung oleh SDM yang juga berintegritas dan independen tidak akan bisa karena penangan perkara itu berjenjang. Jauh lebih mudah intervensi itu ke pegawai dibanding pimpinan,” jelasnya.

Alex mengatakan penolakan satu sosok tertentu di pupuk pimpinan KPK semenjak awal pencalonan tersebut terbawa hingga lima pimpinan KPK terpilih dan memimpin lembaga antirasuah itu.

“Itu terbawa terus sehingga publik meninggalkan KPK,” pungkasnya.*