Tips Mengolah Daging Kurban agar Tidak Bau dan Alot

Ilustrasi daging sapi
Ilustrasi daging sapi | ist

FORUM KEADILAN – Besok, umat muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Saat Idul Adha, umat muslim melaksanakan salat Idul Adha yang kemudian dilanjut dengan penyembelihan hewan kurban berupa sapi, kambing, dan domba. Masyarakat pun akan ramai mengolah daging-daging tersebut.

Bacaan Lainnya

Nah, pengolahan daging memerlukan perhatian khusus agar tetap segar, tidak berbau, dan tidak alot. Berikut tipsnya.

1. Jangan Mencuci Daging

Kebiasaan setiap orang adalah mencuci bahan makanan sebelum diproses. Namun, berbeda dengan daging kambing, domba, dan sapi.

Mencuci daging dapat menyebabkan bakteri pada daging tersebar ke seluruh peralatan masak. Selain itu, mencuci daging, terutama domba dan kambing, dapat membuatnya berbau tidak sedap dan tidak empuk saat dimasak.

Oleh karena itu, jika daging terlihat kotor, lakukan penyekaan dengan tisu pada permukaannya. Pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh daging.

2. Jangan Satukan Daging dengan Jeroan atau Lemak

Jeroan mengandung bakteri, dan jika disatukan dengan daging akan membuat daging cepat busuk.

Untuk daging kambing, diupayakan untuk memisahkan daging dengan lemak. Hal tersebut untuk menghindari bau busuk pada daging.

Cara mudah memisahkan daging dengan lemak ialah dengan memasukkan daging ke dalam kulkas dan diamkan hingga beku.

3. Menyimpan Daging dengan Wadah Tertutup

Simpan daging yang utuh atau yang sudah dipotong dalam wadah tertutup. Ketika menyimpan dalam kulkas, pastikan suhunya tidak terlalu tinggi.

Caranya? Letakkan di chiller, baru kemudian pindahkan ke dalam freezer.

Saat hendak dimasak, hindari menyiramnya dengan air panas secara tiba-tiba. Tindakan tersebut dapat mengakibatkan perubahan suhu yang drastis dan membuat daging menjadi keras.

4. Gunakan Bahan yang Dapat Mengurangi Bau pada Daging

  • Nanas muda yang masih banyak getah, dengan cara parutan nanas dilapisi ke daging selama 30 menit. Anda dapat melakukan hal ini sebelum masak.
  • Daun pepaya, dengan cara membungkus daging yang sudah dipotong kecil-kecil dengan daun pepaya. Diamkan selama 30 menit dengan wadah yang rapat. Hal ini dapat dilakukan sebelum me-nyate dagingnya.
  • Jeruk nipis dipercaya dapat membuat daging menjadi empuk, dan hilangkan bau pada daging.
  • Buah pir dapat menghilangkan bau tak sedap, dengan cara menggosokan parutan buah pada daging, kemudian diamkan beberapa saat.

Jangan lupa mempraktikkan tips berikut pada Idul Adha mendatang, ya! Semoga bermanfaat!*

Laporan Amanah Suci