PKB Buka Opsi Duetkan Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta 2024

Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas
Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas | Ist

FORUM KEADILAN – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka opsi menduetkan Anies Baswedan dan Kaesang Pangarep di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang mana Kaesang menjabat sebagai ketua umumnya.

Bacaan Lainnya

“Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan Wakil Gubernur DKI. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI. Siapa pun kita terbuka,” ujarnya di kantor DPW PKB DKI Jakarta Pusat, Rabu, 12/6/2024.

Meski begitu, kata Hasbiallah, keputusan memasangkan Anies dan putra bungsu Presiden Joko Widodo itu sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta berada di tangan DPP PKB.

“Mudah-mudahan Anies-Kaesang,” ujarnya.

Respons Kaesang

Kaesang turut menanggapi opsi dirinya berduet dengan Anies di Pilkada Jakarta. Ia mengaku tidak keberatan dan memuji elektabilitas Anies yang tinggi dalam hasil survei calon Gubernur Jakarta belakangan ini.

“Ya, tak masalah. Itu saya kira itu juga baik, saya kira Pak Anies juga sekarang surveinya juga yang paling tinggi, jadi saya enggak masalah juga kalau nanti pun akan dipasangkan dengan Pak Anies,” ujar Kaesang di kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu.

Kaesang turut menyoroti bahwa Anies belum terafiliasi dengan partai politik, sementara PSI memiliki delapan kursi di DPRD Jakarta.

“Kan, posisinya Pak Anies sekarang belum ada partai, sedangkan aku di Jakarta punya delapan kursi,” ujar Kaesang di kanal YouTube Kaesang Pangarep GK Hebat yang ditayangkan pada 29 Mei 2024.

Diketahui, DPW PKB DKI Jakarta hari ini resmi mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024.

“Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, yaitu PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal yaitu untuk mencalonkan di 2024-2029 Pilkada DKI Jakarta,” ujar Hasbiallah Ilyas dalam konferensi pers, Rabu.*