LPSK Dalami Permohonan Perlindungan Saksi Kunci Kasus Vina

Gedung LPSK
Gedung LPSK | Ist

FORUM KEADILANРKetua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Brigjen Achmadi, menegaskan masih dalam proses mendalami pengajuan permohonan perlindungan atas saksi kunci kasus mendiang  Vina Cirebon, bernama Liga Akbar.

Achmadi mengatakan tidak bisa menyebut secara langsung identitas nama saksi tersebut, namun LPSK akan berkomitmen memberikan perlindungan selama memenuhi syarat dan ketentuan.

Bacaan Lainnya

“Kami tidak menyebut identitas nama Saksi, tetapi LPSK akan memberikan perlindungan sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan memiliki informasi, keterangan penting untuk mendukung proses peradilan,” katanya kepada Forum Keadilan, Minggu, 9/6/2024.

Hingga saat ini, Achmadi menuturkan tim LPSK masih berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan beberapa saksi dalam kasus Vina Cirebon, termasuk Liga Akbar.

“Tim masih terus melakukan pendalaman dan koordinasi dengan pihak terkait untuk mendalami beberapa pemohon,” tuturnya.

Sebelumnya, diketahui ada seorang pria bernama Liga Akbar mengaku sebagai teman dekat Almarhum korban, Eky, dan menjadi saksi kunci dalam kasus pembunuhan Vina yang terjadi tahun 2016 lalu.

Sebagai saksi kunci, Liga Akbar juga pernah menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, pada Selasa, 4/6/2024, lalu.

Liga Akbar menjalani pemeriksaan selama 6 jam dan menjawab 15 pertanyaan dari tim penyidik.

Sebagai saksi kunci dari awal cerita sebelum terjadinya pembunuhan Eky dan Vina. Menurut Kuasa Hukumnya, Yudia Alamsyach, klien nya tersebut meminta bantuan hukum dan perlindungan. Karena ingin mengungkapkan kronologis sebenarnya, yang selama ini diduga masih ada yang ditutupi. *

Laporan Novia Suhari